Jokowi: Indonesia Siap Kirim Bantuan Ke Gaza Lewat Udara

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Maret 2024, 15:34
jokowi, gaza, palestina
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo di Lanud Iswahjudi, Malang, Jumat (8/3). Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden.
Button AI Summarize

Pemerintah akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan paket bantuan tersebut akan disalurkan dengan pesawat Hercules melalui jalur udara.

Jokowi mengatakan penyaluran bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza lewat jalur darat dihadang sejumlah kendala. Oleh karena itu, Jokowi memberikan arahan kepada jajaran TNI AU untuk melaksanakan simulasi pengiriman bantuan lewat jalur udara.

Jokowi pun sempat meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada Jumat (8/3). Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina lewat udara karena lewat darat sudah sulit,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Jumat (8/3).

Jokowi berharap pemberikan dukungan dan bantuan kepada rakyat Palestina dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.
Indonesia sebelumnya telah mengirimkan paket bantuan kemanusiaan ke Palestina sebanyak 21 ton.

Kondisi Gaza
Kondisi Gaza (Instagram @unitednation)

Paket bantuan itu dikirim pada 20 November tahun lalu merupakan pengiriman tahap dua setelah pengangkutan pertama pada 4 November lalu. Secara total, Indonesia telah mengirimkan bantuan ke Palestina sebanyak 51 ton dalam dua tahap.

Jokowi mengatakan bahwa kiriman bantuan ke Palestina berisi kargo obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan keperluan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Gaza.

Sebelumnya, Amerika Serikat melancarkan misi kemanusiaan pertama kalinya lewat udara pada Sabtu (2/3/2024). Tiga pesawat militer AS dikerahkan untuk mengirim lebih dari 38 ribu kotak makanan.

Mengutip Reuters, bantuan dikirimkan ke kantong-kantong wilayah yang menurut PBB dihuni oleh 576 ribu masyarakat Palestina yang di ambang kematian akibat kelaparan. Pasukan Yordania juga ikut terlibat dalam misi pengiriman kotak-kotak makanan tersebut

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...