Hasil Rekapitulasi KPU DKI: Anies - Muhaimin Unggul di Jakarta Selatan

Ade Rosman
8 Maret 2024, 18:02
anies, jakarta, jakarta selatan
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt.
Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memberikan keterangan pers di posko pemenangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

Pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan suara terbanyak di wilayah DKI Jakarta Selatan. Hal tersebut berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Dari rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU, Anies-Muhaimin mendapat 668.118 suara. Unggul dari dua pasangan lainnya, yakni Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Prabowo-Gibran membuntuti Anies-Muhaimin dengan torehan 551.173 suara. Sedangkan Ganjar-Mahfud MD mendapatkan 230.553 suara.

Perolehan suara tersebut ditetapkan oleh Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi Pemilu 2024, pada Jumat (8/3).

"Saya nyatakan PPWP (pemilihan presiden dan wakil presiden) Jaksel sah," kata Wahyu. Adapun, jumlah suara sah di Jakarta Selatan yakni 1.449.844 suara dan 21.590 suara lainnya tidak sah.

Proses rekapitulasi tingkat provinsi tersebut merupakan salah satu bagian dari perhitungan berjenjang yang dilakukan oleh KPU. Tahapannya, sebelum ke perhitungan Provinsi terlebih dahulu rekapitulasi di tingkat kecamatan dan kabupaten/kota.

Adapun, pasangan Prabowo-Gibran unggul di wilayah Jakarta Barat. Pasangan nomor urut nomor 02 ini mendapatkan 639.239 suara. Sedangkan 01 mendapatkan 523.774 suara dan Ganjar-Mahfud mendapatkan 303.914 suara.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...