Jokowi Keliling Jatim dan Jateng, Dua Agenda Didampingi Prabowo

Andi M. Arief
8 Maret 2024, 20:30
Jokowi, kunjungan kerja, jawa timur, jawa tengah
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/wpa.
Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Jumat (8/3).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Jumat (8/3). Jokowi ditemani sejumlah pejabat, di antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Berikut daftar agenda Jokowi di Jawa Tengah dan Jawa Timur:

1. Tinjau Kesiapan Alutsista di Pangkalan TNI AU Iswahjudi

Presiden Jokowi mengawali kunjungannya dengan mendarat di di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada (8/3) sekitar pukul 08.20 WIB. Lokasi tersebut mengawali kunjungan kerja presiden dengan meninjau alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI di Pangkalan TNI AU Iswahjudi.

Jokowi turut didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo. Mereka melihat kesiapan tiga pesawat tempur TNI AU, yakni dua pesawat F-16 dan satu pesawat T-50.

Dalam penjelasannya kepada Presiden, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa dua F-16 yang ditampilkan adalah F-16 C/D dan F-16 AM/BM. Beberapa pesawat F-16 AM/BM telah mengalami peningkatan kemampuan.

Pesawat F-16 AM/BM mampu melaksanakan pertempuran dengan amunisi cerdas atau smart munition, berpandu, dan bisa melaksanakan beyond visual range. Sementara itu, pesawat F-16 C/D lebih konvensional dan rencananya akan ditingkatkan juga kemampuannya.

Adapun pesawat T-50 adalah pesawat buatan Korea Selatan yang digunakan untuk melatih penerbang tempur. Menurut KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, pesawat T-50 tersebut memiliki persenjataan yang cukup mumpuni karena telah dilengkapi dengan radar dan gun yang sebelumnya tidak ada.

2. Meresmikan Proyek Jalan Daerah di Madiun

Jokowi meresmikan proyek jalan daerah untuk 33 ruas jalan di Jawa Timur. Ia didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Proyek tersebut memiliki total sepanjang 275 kilometer (KM) dan menelan biaya sebesar Rp 935 miliar.

Seremoni peresmian tersebut dilaksanakan di salah satu ruas jalan daerah di Jawa Timur bagian Selatan, tepatnya jalan Ruas Dungus-Batas Kota, Kabupaten Madiun.

Proyek pengadaan jalan itu merupakan amanat dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Mengacu pada keterapan tersebut, Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga mendapat tugas untuk menangani jalan - jalan non nasional yang rusak.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...