KPU Bantah Adanya Alogoritma Kunci Suara Ganjar-Mahfud Mentok 17%

Syahrizal Sidik
9 Maret 2024, 11:42
KPU Bantah Adanya Alogoritma Kunci Suara Ganjar-Mahfud Mentok 17%
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari
Button AI Summarize

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari membantah tudingan soal dugaan kesengajaan algoritma yang  digunakan untuk mengunci suara pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD maksimal 17% pada Pemilihan Presiden 2024. 

"KPU tidak pernah mematok suara si A, si B dan seterusnya, partai ini partai itu sekian. Sejak awal itu enggak ada karena pemungutan suara ini kan bersifat langsung," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, dikutip dari Antara, Sabtu (9/3)

Menurut dia, yang menentukan perolehan suara adalah para pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan Rabu (14/2) lalu. Hasyim menegaskan KPU tidak bisa mengontrol jumlah pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) apalagi perolehan suara yang merupakan hasil dari pencoblosan.

Karenanya, ia menjelaskan perolehan suara berupa suara maupun yang dikonversi ke persentase itu murni berasal dari penghitungan suara secara berjenjang dari setiap TPS.

"Jadi, kalau ada informasi, kabar atau pernyataan seperti itu, KPU membantah ya bahwa KPU tidak pernah mematok, tidak pernah mengunci, tidak pernah menargetkan partai tertentu, pasangan calon tertentu, sejak awal harus suaranya sekian, tidak ada," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...