Hasil Akhir Rekap Nasional Pilpres: Anies dan Ganjar Kalah di Bali

Ira Guslina Sufa
10 Maret 2024, 14:19
Anies
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.
Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto usai debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengesahkan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Provinsi Bali pada Minggu (10/3). Berdasarkan hasil rekapitulasi akhir pasangan  Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul di Provinsi Bali. 

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan jumlah penggunaan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden di Bali sudah cocok dengan jumlah pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS). Menurut Hasyim jumlah suara sah dan tidak sah, yakni sebanyak 2.740.692 lembar.

"Bisa kita terima dan kita sahkan ya, bismillah sah," kata Hasyim saat rapat pleno seperti dikutip dari tayangan pleno rekapitulasi suara KPU, Minggu (10/3).  

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan memaparkan bahwa perolehan suara Prabowo-Gibran sebanyak 1.454.640 suara. Selanjutnya suara untuk pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD 1.127.134 suara, dan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar 99.233 suara.

Dia menjelaskan jumlah pemilih yang tercatat pada daftar pemilih tetap (DPT) di Provinsi Bali sebanyak 3.269.516 orang. Dari angka DPT tersebut, jumlah yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 2.704.450 orang.

Kemudian ada sebanyak 17.496 orang yang menggunakan hak pilihnya dari daftar pemilih tambahan (DPTb). Selanjutnya ada 18.746 orang yang menggunakan hak pilihnya dari daftar pemilih khusus (DPK).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...