Kubu Anies Siapkan 1.000 Pengacara Hadapi Gugatan Pemilu di MK

Amelia Yesidora
15 Maret 2024, 13:40
anies, amin, mk
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.
Dewan Pakar Timnas Anies-Muhaimin (Amin) Bambang Widjojanto (kiri), Deputi Hubungan Antarlembaga Putra Jaya Husain (kedua kiri), Juru Bicara Timnas Amin Refly Harun (kedua kanan), dan Tim IT Timnas Amin Aditya Halimawan (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan terkait aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU di Rumah Koalisi Perubahan, Jakarta, Jumat (16/2/2024).
Button AI Summarize

Tim Hukum Nasional Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar bakal melibatkan 1.000 orang pengacara untuk menghadapi gugatan Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi. Jalan ini ditempuh bersamaan dengan rencana menggulirkan hak angket di DPR.

“Pengacara dari Tim Hukum AMIN ada 1.000 orang yang akan support atau mendukung di MK,” ujar Juru Bicara Timnas AMIN, Iwan Tarigan pada wartawan, Jumat (15/3).

Iwan menambahkan, pihaknya sudah siap untuk maju ke MK lantaran mengantongi bukti-bukti lengkap terkait kecurangan pemilu. Kendati demikian ia masih menunggu waktu yang tepat.

“Bukti kecurangan pemilu mulai dari proses lelang sistem informasi KPU sampai menjadi sistem informasi digunakan saat ini (Sirekap)," ujanya.

Kabar ini turut dikonfirmasi oleh ketua umum Tim Hukum Nasional AMIN, Ari Yusuf Amir. Ia sendiri masuk dalam satu dari 1.000 nama itu dan menyebut beberapa nama lainnya.

“Refly Harun, Bambang Widjojanto, Zaid Mushafi, dan lainnya,” kata Ari dalam pesan singkat pada Katadata.co.id, Jumat (15/3).

Di sisi lain Ketua Tim Hukum Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra mengaku menyiapkan sedikitnya 36 pengacara menghadapi gugatan kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 1 dan 3 di MK.

Sidang pengujian materiil UU tentang pemilihan umum
Sidang pengujian materiil UU tentang pemilihan umum (ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.)

 

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut mengatakan sejumlah nama pengacara tersebut telah disetujui langsung oleh Prabowo. Beberapa nama lainnya merupakan usulan dari partai Koalisi pengusung Prabowo-Gibran.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...