KPU Sahkan Perolehan Suara di Luar Negeri, Ini Hasil Lengkapnya

Ade Rosman
18 Maret 2024, 14:00
kpu, luar negeri, pemilu
ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman/Spt.
Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan penghitungan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu 2024) di Pusat Dagangan Dunia Kuala Lumpur (WTC), Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merampunkan rekapitulasi suara di luar negeri. Hal ini setelah mereka menyelesaikan hitung suara di wilayah panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Kuala Lumpur, Malaysia pada Senin (18/3).

Adapun, hasil yang didapatkan dari rekapitulasi di PPLN Kuala Lumpur yakni pasangan calon Anies-Muhaimin mendapat 2.674 suara, kemudian Prabowo-Gibran dengan 6.266 suara, dan Ganjar-Mahfud 1.134 suara.

"Bismillah, sah," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (18/3).

Hasil rekapitulasi PPLN Kuala Lumpur itu melengkapi 127 PPLN lainnya yang telah rampung direkapitulasi terlebih dahulu. PPLN Kuala Lumpur sebelumnya diadakan pemungutan suara ulang (PSU).

"Ada satu PPLN yang belum bisa ikut dalam rapat pleno rekapitulasi hasil pemilu tingkat nasional, yaitu PPLN Kuala Lumpur, karena akan ada pemungutan suara ulang," kata Hasyim kepada wartawan usai menutup rapat pleno di Kantor KPU RI, Senin (4/3) lalu.

Adapun, PSU di Kuala Lumpur dilaksanakan menggunakan dua metode pencoblosan yakni kotak suara keliling (KSK) dan pencoblosan di TPS.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...