Surya Paloh Ucapkan Selamat Prabowo-Gibran jadi Pemenang Pilpres 2024

Amelia Yesidora
21 Maret 2024, 03:20
Surya Paloh
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan pidato politiknya secara virtual pada acara HUT ke-12 Partai Nasdem di NasDem Tower, Jakarta, Sabtu (11/11/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh menggelar konferensi pers menyikapi penetapan hasil perolehan suara Pemilu 2024 pada Rabu (20/3). Dalam konferensi pers tersebut, Paloh menyampaikan selamat pada Prabowo-Gibran yang meraih suara terbanyak.

“Partai Nasdem mengucapkan selamat kepada Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Pemenang Pilpres 2024,” kata Surya pada Rabu (20/3).

Pada pemilu 2024 Nasdem mengusung pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar sebagai capres dan cawapes. Namun berdasar hasil KPU pasangan yang mereka dukung hanya berada di posisi kedua dengan selisih suara besar dibanding Prabowo - Gibran.

Surya turut mengucapkan selamat bagi seluruh partai politik peserta Pemilihan Legislatif 2024 dan ketiga pasangan calon yang sudah mengikuti Pemilihan Presiden 2024. Selain mengucapkan selamat, ia juga menyampaikan empat sikap lain terhadap hasil Pemilu 2024. 

Pertama, Partai Nasdem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, Penerimaan itu berlaku untuk hasil pemilihan anggota legislatifnya (pileg) maupun pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres).

Kedua, atas berbagai catatan yang ada, Partai Nasdem berkomitmen untuk senantiasa berada dalam kehendak untuk terus-menerus memperbaiki kehidupan demokrasi dan politik kita. Nasdem selalu siap, terbuka, serta telah menjalin komunikasi dan korespondensi dengan berbagai kelompok masyarakat sipil, akademisi, para tokoh, cendekiawan, guru besar, hingga media sebagai pilar demokrasi keempat, guna mewujudkan komitmen tersebut.

Ketiga, Partai Nasdem menyadari bahwa partai politik hanyalah satu dari sekian pilar demokrasi. Nasdem menyadari bahwa politik tidak saja membutuhkan otoritas yang kuat akan tetapi juga praktik checks and balances yang sehat. Oleh karena itu, selain perlu membangun sistem politik dan kekuasaan yang sehat, kita juga membutuhkan kecerdasan politik warga negara yang kuat.

Keempat, Partai NasDem mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan atau kelompok. Hal itu juga akan dilakukan dalam upaya mencari keadilan pascapemilu.

KPU menetapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau setara 58,58%. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara atau setara 24,94%. Selanjutnya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 27.040.878 mendapatkan suara atau setara 16,47%. Adapun total surat suara sah, menurut dia, berjumlah 164.227.475 suara.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...