Prabowo Diumumkan Menang Pilpres, Anies dan Ganjar Gugat ke MK

Ameidyo Daud Nasution
21 Maret 2024, 07:03
anies, ganjar, prabowo
Katadata / amelia yesidora
Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, Surya Paloh dan Jusuf Kalla saat buka bersama di rumah JK, Rabu (20/3)
Button AI Summarize

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menggugat hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ke Mahkamah Konstitusi hari ini. Gugatan akan disampaikan usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelesaikan rekapitulasi suara pada Rabu (20/3).

Anies mengajak masyarakat terus melanjutkan perjuangan dan mendukung langkah tim hukum ke MK. Hal itu menurut dia bisa menjadi fakta sejarah bangsa ini.

“Kita dukung langkah tim hukum, dan biarlah segala temuan yang disampaikan nanti menjadi rekam sejarah yang tercatat secara resmi dalam lembaran risalah-risalah Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia,“ kata Anies di Jakarta pada Rabu (20/3) malam.

Dari undangan yang beredar, tim hukum Anies - Muhaimin akan mendaftarkan gugatan ke MK pada Kamis (21/3) pukul 08.00 WIB. Sedangkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 ini akan hadir di markas pemenangan mereka pada jam yang sama.

Adapun, Ganjar memastikan pasangan nomor urut 03 akan mengajukan permohonan perkara ke MK. Mengenai jadwal, ia akan berkonsultasi dengan Mahfud MD.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora, Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...