Gempa Tuban Terjadi 16 Kali, Terasa hingga Kalimantan

Image title
Oleh Antara
22 Maret 2024, 17:13
gempa tuban, gempa bumi, gempa
ANTARA/HO-BNPB
Sejumlah pasien rawat inap Rumah Sakit NU Tuban, Jawa Timur dievakuasi keluar gedung setelah merasakan getaran gempa bumi, Jumat (22/3/2024).
Button AI Summarize

Badan Penanggulangan Bencana Daerah mencatat gempa Tuban, Jawa Timur, terjadi sebanyak 16 kali pada hari ini, Jumat (22/3). Kerusakan parah terjadi di dua titik, yakni Desa Glagahsari, Kecamatan Soko dan Desa Dagangan, Kecamatan Parengan.

Sampai saat ini tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut. "Sekarang kami masih terus melakukan pendataan dan mengecek ulang di lapangan," kata Kepala BPBD Tuban Sudarmaji, dikutip dari Antara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bermula pada pukul 11.22 WIB dengan magnitudo 6,0. Lokasinya di 132 kilometer timur laut Tuban, dengan kedalaman 10 kilometer.

Lalu, gempa bumi susulan terus terjadi. Guncangan besar terjadi sekitar pukul 15.52 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,5. Pusat gempa berada di laut pada jarak 130 kilometer timur laut Kota Tuban, dengan kedalaman 10 kilometer.

Selain Kota Tuban yang merasakan getaran dengan skala intensitas III-IV, juga dirasakan oleh masyarakat di Jawa Tengah (Semarang, Blora), Yogyakarta, dan Jawa Timur (Banjar, Malang, Surabaya, Mojokerto, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan).

Hasil analisa BMKG menyebutkan rentetan gempa bumi tektonik tersebut berjenis gempa dangkal yang terjadi diakibatkan oleh adanya aktivitas sesar aktif di Laut Jawa. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami sehingga warga masyarakat masih aman beraktivitas di pantai ataupun laut.

Terasa hingga Kalimantan 

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan, Kalimantan Selatan, Rasmid mengatakan gempa susulan yang terjadi di Tuban terasa hingga Kalimantan. "Hasil pantauan terakhir, pukul 16.52 WITA, gempa kembali terjadi di darat pada jarak 130 kilometer arah timur laut Tuban, pada kedalaman 10 kilometer," ucapnya. 

Getaran gempa terasa di Kota Banjarbaru, Banjarmasin, dan Kabupaten Banjar. Intensitasnya III-IV MMIV, yaitu getaran gempa yang dirasakan oleh semua orang secara nyata di dalam rumah hingga benda berat bergoyang dan kerusakan ringan pada bangunan. 

Secara pantauan, getaran di Kalimantan Selatan berlangsung lebih dari 10 detik. Gempa juga dirasakan di Kota Sampit, Kalimantan Tengan dan Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...