TKN Mulai Dekati PDIP, Ajak Gabung Koalisi Prabowo

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Maret 2024, 14:47
pdip, prabowo, tkn
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.
Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor memberikan keterangan pers terkait pekerja migran Indonesia atau PMI unprosedural di Jakarta, Rabu (12/4/2023).
Button AI Summarize

Kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih terus mendekati lawan politik mereka agar bergabung. Salah satunya adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Afriansyah Ferry Noor mengaku kerap mengajak Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto agar bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo-Gibran.

Ferry menyatakan pertemuan dirinya dengan Hasto paling anyar terjadi pada 2 pekan lalu. "Saya pribadi bicara dengan Mas Hasto sering, saya bilang 'ayo Mas Hasto gabung koalisi'," kata Ferry saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Senin (25/3).

Ferry yang juga menjabat sebagai Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) itu melanjutkan, tawaran yang ia ajukan ke Hasto sejauh ini masih belum ditanggapi secara serius oleh PDIP.

"Mas Hasto malah ketawa-ketawa saja. Jadi mari kita lihat ke depan," ujarnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers, Rabu (28/1)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers, Rabu (28/1) (Katadata/Ade Rosman)

Upaya mengajak PDIP untuk bergabung ke dalam koalisi pendukung Prabowo-Gibran merupakan langkah merealisasikan tujuan Prabowo sebagai presiden terpilih 2024-2029 yang menawarkan strategi politik merangkul seluruh golongan.

Kendati demikian, Ferry mengaku belum ada pembahasan di internal TKN maupun Koalisi Indonesia Maju terkait komunikasi resmi sekaligus tawaran ke PDIP untuk bergabung ke koalisi, "Sepengetahuan saya belum," kata Ferry.

Prabowo sebelumnya sudah menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower Jakarta pada Jumat, 22 Maret lalu. Prabowo hadir bersama dengan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Pada pertemuan tersebut, Prabowo dan Surya Paloh tampak saling bersalaman dan berpelukan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...