TKN Prabowo - Gibran Beri Bocoran Kabinet, Partai Pendukung Usul Nama

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Maret 2024, 20:01
TKN Prabowo - Gibran Beri Bocoran Kabinet, Partai Pendukung Usul Nama
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan), Juru Kampanye TKN Prabowo-Gibran Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri), Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Emil Dardak (kiri) memberikan orasi politik saat kampanye akbar Partai Demokrat di Stadion Gayajana, Kota Malang, Jawa Timur.
Button AI Summarize

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Afriansyah Ferry Noor, mengonfirmasi bahwa belum ada pembicaraan khusus mengenai pembagian kursi menteri atau kepala lembaga kepada para pendukung yang tergabung dalam struktur TKN atau pejabat partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Saya belum tahu. Semua diserahkan kepada presiden terpilih," kata Ferry saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Senin (25/3).

Dia menjelaskan, mekanisme pembagian jatah kursi menteri maupun kepala lembaga untuk para pendukung kubu 02 di Pilpres 2024 akan mengikuti prosedur saat pemilihan sosok wakil presiden pendamping Prabowo.

Penentuan alokasi kursi menteri dan jabatan tinggi lainnya akan menjadi pembahasan terbatas antara Prabowo-Gibran dan para ketua umum dan sekretaris jenderal (sekjen) partai pengusung. "Mekanismenya sama ketika memutuskan siapa sosok yang akan maju sebagai pendamping Pak Prabowo. Kami ketua umum dan sekjen partai diminta untuk menuliskan nama-nama," ujar Ferry.

Ferry yang juga menjabat sebagai Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) itu menyatakan belum ada pembicaraan dan komunikasi awal di tubuh TKN maupun KIM ihwal pembagian alokasi jatah menteri. Dia juga mengaku belum ada undangan khusus kepada PBB terkait rencana pemetaan kursi menteri maupun jabatan strategis lainnya. "Sampai sejauh ini belum ada," kata Ferry.

Adapun pasangan Prabowo-Gibran mendapat dukungan dari kuartet partai parlemen dan 5 partai non parlemen. Empat partai parlemen itu yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

Sementara lima partai non parlemen yang mengusung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 adalah PBB, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gelora, Partai Garuda dan Partai Prima.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...