Jaga Pemilu Siap Buka Data Dukung Gugatan Kecurangan Pilpres di MK

Amelia Yesidora
26 Maret 2024, 19:45
Jaga Pemilu Siap Buka Data Dukung Gugatan Kecurangan Pilpres di MK
Jaga Pemilu
Jaga Pemilu
Button AI Summarize

Gerakan Masyarakat Jaga Pemilu membuka data mereka untuk mendukung gugatan paslon nomor urut satu dan nomor urut tiga terkait kecurangan pemilu di Mahkamah Konstitusi. Ketua Perkumpulan Jaga Pemilu Indonesia, Natalia Soebagjo, menyebut pihaknya sudah menjaring komunikasi dengan tiga paslon sejak gerakan tersebut didirikan. 

“Kami benar-benar independen, bukan partisan,” kata Natalie di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Selasa (26/3), “Jadi mereka yang mengajukan gugatan, saya mempersilakan mereka untuk mengakses data kami.”

Senada dengan Natalie, Sekretaris Jaga Pemilu Luky Djani mengatakan niatan Jaga Pemilu adalah agar pelanggar atau pelaku kecurangan Pemilu diberi sanksi sepadan. Langkah yang mereka lakukan adalah untuk memitigasi dari Pemilu 2024. 

“Kami ingin ini tidak terulang ini tidak dinormalisasi agar kita bisa menyelenggarakan pemilu yang terintegritas, pemilu yang tidak malpraktek,” katanya. 

Sebelumnya, Jaga Pemilu memperoleh 914 laporan masuk pada periode 29 Agustus 2023 hingga 19 Maret 2024. Temuan ini diperoleh lewat laporan warga di laman Jaga pemilu dan penjaringan dari sosial media serta pemberitaan media online. Dari 914 laporan itu, 658 laporan terverifikasi hingga akhirnya 210 laporan memenuhi kriteria pelaporan sesuai ketentuan Bawaslu. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...