Jaga Pemilu Soroti 4 Hal Soal Pemilu 2024, Salah Satunya Transparansi

Amelia Yesidora
26 Maret 2024, 19:15
Konferensi pers Jaga Pemilu di Jakarta, Selasa (26/3). Foto: Jaga Pemilu.
Jaga Pemilu
Konferensi pers Jaga Pemilu di Jakarta, Selasa (26/3). Foto: Jaga Pemilu.
Button AI Summarize

Gerakan masyarakat Jaga Pemilu menilai penyelenggaraan Pemilu 2024 menurunkan standar kualitas dan integritas demokrasi bila dibanding dengan pemilu periode sebelumnya.

Sekretaris Perhimpunan Jaga Pemilu Luky Djani melihat hal ini tercermin dari empat indikator. Salah satunya kurangnya transparansi dalam tata kelola penyelenggaraan pemilu. 

“Ini bisa jadi malapraktik Pemilu di Indonesia. Siapa pun yang menguasai sumber daya publik akan menggunakan itu untuk kebutuhan diri atau kelompoknya,” kata Luky di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Selasa (26/3). 

Indikator pertama terkait turunnya kualitas demokrasi dalam Pemilu 2024 adalah menurunnya standar integritas kepemiluan. Luky menjelaskan standar ini sebenarnya sudah ditetapkan secara internasional, namun masih saja marak pelanggaran atau kecurangan dalam Pemilu.

Kedua, lemahnya penegakan hukum dan sanksi pada pelanggar aturan Pemilu. Soal ini, Jaga Pemilu sudah melaporkan 210 temuan pelanggaran Pemilu kepada Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu. Dari seluruh temuan itu, hanya satu yang diproses Bawaslu.

Ketiga, melemahnya mekanisme akuntabilitas baik secara horizontal maupun vertikal. Secara horizontal, harusnya lembaga legislatif menjadi pemantau pemilu, terutama penyelenggara pemilu. Sementara, publik dan kelompok organisasi harusnya memantau baik peserta maupun penyelenggara pemilu. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...