Menteri PPPA Apresiasi Program Binaan Perempuan & Anak-anak Pertamina

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
28 Maret 2024, 14:09
Dalam kunjungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ke Provinsi Sulawesi Selatan, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati berkesempatan mengunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Azzahra yang merupakan binaan Pertamina seja
Dok Pertamina
Dalam kunjungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ke Provinsi Sulawesi Selatan, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati berkesempatan mengunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Azzahra yang merupakan binaan Pertamina sejak tahun 2014.
Button AI Summarize

Dalam rangkaian kunjungan kerja Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ke Provinsi Sulawesi Selatan, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati berkesempatan mengunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Azzahra yang merupakan binaan Pertamina sejak tahun 2014. 

Pada kunjungan tersebut, Menteri PPPA RI bertemu dan melakukan dialog langsung dengan beberapa kelompok masyarakat diantaranya Kelompok Perempuan Kepala Rumah Tangga (PEKKA), kelompok lansia dan siswa Sekolah Anak Percaya Diri (SAPD).

SAPD merupakan binaan Pertamina Integrated Terminal Makassar di Kelurahan Pattingalloang melalui Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Azzahra yang sudah dimulai sejak tahun 2018.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Fahrougi Andriani Sumampouw, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan Meysi Papayungan, Pj. Sekretaris Daerah Kota Makassar Firman Hamid Pagarra, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar Achi Soleman.

Dalam sambutannya, Bintang Darmawati mengapresiasi peran Pertamina dalam mendukung upaya mewadahi program-program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui program SAPD.

 “Saya apresiasi peran Pertamina dalam mendukung inisiatif program (SAPD) di Kelurahan Pattingalloang bersama perempuan tangguh luar biasa, Ibu Eni (local hero program SAPD) yang sudah menjadi inspirasi perempuan-perempuan pesisir di Makassar dan kita harapkan menjadi inspirasi perempuan-perempuan di seantero Nusantara,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (28/3).

Bintang mengatakan, perempuan dan anak memiliki potensi luar biasa untuk mendukung kemajuan bangsa. Menurutnya, ada lima isu utama yang disampaikan Presiden Joko Widodo, salah satunya terkait pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan.

“Dengan fokus untuk dapat mengembangkan dan mengintervensi kepada perempuan prasejahtera, perempuan kepala keluarga dan perempuan penyintas kekerasan,” ujarnya.

Bintang menambahkan dalam hal perempuan penyintas kekerasan, pihaknya mengapresiasi Pertamina dalam hal bagaimana dukungannya dapat menjalankan program TJSL untuk melakukan pendampingan kepada anak anak yang mengalami kekerasan. 

“Sekarang, kita bisa melangkah lebih jauh ke gerakan pencegahan seperti yang dilakukan SAPD. Sehingga kolaborasi dengan Pertamina bisa menjadi inspirasi untuk memberikan pendampingan terbaik kepada perempuan dan anak di Kota Makassar,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi mengatakan, keberhasilan program SAPD memberikan dampak positif bagi masyarakat yang telah berjalan kurang lebih 6 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...