Gudang Amunisi TNI Meledak, Damkar Bekasi Kesulitan Padamkan Api

Ira Guslina Sufa
30 Maret 2024, 20:57
Gudang amunisi TNI di Bekasi meledak, Sabtu (30/3)
Tangkapan video
Gudang amunisi TNI di Bekasi meledak, Sabtu (30/3)
Button AI Summarize

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Jawa Barat, menerjunkan tiga armada untuk memadamkan kebakaran di gudang amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ledakan pertama terjadi sekitar pukul 18.05 WIB. 

"Kami sudah meluncurkan dari Disdamkar Kota Bekasi. Kami baru mendorong 3 unit mobil pemadam kebakaran di sana," kata Danton Pleton B Damkar Kota Bekasi Haryanto di Bekasi, Sabtu (30/3) malam. 

Haryanto mengatakan petugas belum mampu memadamkan kobaran api meski sudah membantu menerjunkan bantuan. Kesulitan terjadi lantaran ledakan yang terus terjadi di lokasi. Haryanto mengatakan baru akan dilakukan maksimal setelah situasi dirasa cukup aman. 

"Lagi koordinasi sama pihak Armed, jadi masih belum berani masuk karena masih ada ledakan-ledakan peluru itu," kata Haryanto.

Berdasarkan video yang ramai di media sosial, terlihat terjadi ledakan di lokasi hingga mengakibatkan kepulan api membumbung tinggi di udara. Warga yang merekam peristiwa tersebut tampak panik dan berteriak meminta sanak keluarga untuk masuk ke dalam rumah.

"Masuk, masuk, semuanya masuk ke dalam rumah!" kata salah satu warga dalam video tersebut.

Sementara itu Kapendam Jaya Kolonel Inf Deki Rayusyah Putra mengatakan ledakan terjadi di gudang nomor 6 yang berisi amunisi yang sudah ekspired yang akan dimusnahkan. Meski begitu ia belum bisa memerinci dampak ledakan. 

Hingga pukul 20.30 WIB ledakan masih terjadi dari area gudang. Sementara masyarakat diminta untuk tidak mendekati lokasi kejadian dan mencari tempat aman.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...