Pemerintah Malaysia Gratiskan Tarif Tol Selama Lebaran

Ameidyo Daud Nasution
31 Maret 2024, 14:24
malaysia, tol, lebaran, mudik
ANTARA FOTOFoto/Agus Setiawan/hp.
Sejumlah warga melintas pada sebuah jembatan di area Kuala Lumpur Convention Center (KLCC) Park dengan latar belakang Menara Kembar Petronas, di Kuala Lumpur, Minggu (25/5/2020).
Button AI Summarize

Pemerintah Malaysia menggratiskan tarif tol untuk kendaraan pribadi selama Hari Raya Idulfitri. Tarif gratis tersebut akan berlaku dua hari mulai 8 April hingga 9 April a2024.

Menteri Pekerjaan Umum Malaysia Alexander Nanta Linggi mengatakan tarif tol gratis berlaku di seluruh gerbang. Meski demikian, tarif gratis tak akan berlaku di gerbang tol yang berbatasan dengan negara tetangga.

"Keputusan ini merupakan hasil rapat kabinet pada 7 Februari 2024." kata Alexander di Serembang, Negeri Sembilan, Malaysia pada Kamis (28/4) dikutip dari Bernama.

Alexander memperkirakan jumlah kendaraan yang melintas tol pada periode Lebaran akan meningkat hingga menjadi 2,4 juta kendaraan per hari. Pemerintah Malaysia juga memberikan kompensasi senilai RM 37,6 juta atau setara Rp 126,1 miliar sebagai kompensasi kepada operator tol.

Ia juga mengimbau pengendara di jalan tol Utara-Selatan (PLUS) untuk merencanakan perjalanannya dengan mengikuti jadwal Travel Time Advisory (TTA) yang disarankan melalui aplikasi MyPLUS-TT.

Menteri juga mengatakan Otoritas Jalan Raya Malaysia dan operator tol akan mengaktifkan Smart Lanes di 18 titik strategis. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas jalan dan menjamin kelancaran lalu lintas selama mudik.

Selai itu, Pemerintah Malaysia juga akan menghentikan pekerjaan pemeliharaan di jalan tol mulai 1 April hingga 17 April. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemacetan saat mudik.

"Kecuali terjadi keadaan darurat atau kecelakaan yang memerlukan penutupan jalur," katanya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...