Wamenhan dan Bupati Merauke Bertemu, Bahas Kelanjutan Food Estate

Muhamad Fajar Riyandanu
2 April 2024, 15:32
food estate, merauke, kemenhan
ANTARA FOTO/Sakti Karuru/Spt.
Petani memetik jagung saat panen perdana di kawasan lumbung pangan (food estate) Kampung Wambes, Distrik Mannem, Keerom, Papua, Kamis (06/07/2023).
Button AI Summarize

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tengah mendalami pengelolaan kawasan pengembangan lahan tidur di Kabupaten Merauke. Langkah itu bertujuan untuk mengembangkan program lumbung pangan atau food estate sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Merauke.

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra juga telah bertemu dengan Merauke Romanus Mbaraka di Kantor Kemhan, Jakarta Pusat pada Senin (1/4). Herindra mengatakan Kemenhan menginginkan adanya peningkatan ketahanan pangan untuk mengantisipasi dampak defisit bahan pangan global yang bisa terjadi di masa depan.

“Belajar dari sejarah perang, kalau kita memiliki senjata tanpa kekuatan cadangan pangan, akan kocar – kacir juga,” kata Herindra dalam siaran pers dikutip Selasa (2/4).

Guna mewujudkan ketahanan pangan nasional, maka Kementerian Pertahanan juga berinisiatif untuk mempererat sinergi dengan Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta Kementerian BUMN.

Menurut Herindra, pengadaan KEK di Merauke didukung oleh letak geografis kawasan yang strategis sehingga cocok dijadikan lahan bagi food estate. Dia juga menyingunggung keberadaan food estate dapat menghabilkan produk pangan turunan yang beragam.

“Turunannya itu luar biasa untuk industri pangan kalau kita jalankan. Misalnya untuk jagung dan singkong, disampingnya bisa dilanjutkan dengan ternak sapi,” ujar Herindra.

Narasi mengenai urgensi kalanjutan proyek food estate sebelumnya mendapat sorotan dari presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto. Dia mengatakan food estate sebagai salah satu langkah aktual untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Menteri Pertahanan itu menilai program food estate mampu menghadirkan keuntungan ganda bagi pemerintah dan masyarakat nantinya. Dari sisi pemerintah mampu meningkatkan produksi pangan, sementara para petani mendapat akses kepastian pasar.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...