Masyarakat Diminta Waspadai Titik Banjir saat Mudik, Ini Daftarnya

Muhamad Fajar Riyandanu
2 April 2024, 17:21
mudik, banjir, pantura
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/tom.
Warga berjalan di median jalan pantura yang genangan airnya mulai surut di Karanganyar, Demak, Jawa Tengah, Jumat (22/3/24).
Button AI Summarize

Pemerintah mengimbau pemudik untuk mewaspadai potensi bencana alam saat menjalankan aktivitas mudik dan arus balik 2024. Kewaspadaan perlu diberikan pada dua rute yakni jalur Pantai Utara (Pantura) dan Pantai Selatan (Pansela) di Pulau Jawa. 

Adapun dua jalur tersebut merupakan sasaran utama perjalanan mudik karena menghubungkan kota-kota besar dengan daerah pedesaan yang menjadi tujuan pulang kampung bagi banyak orang.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bambang Surya Putera mengatakan wilayah Pantura dan Pansela berpotensi mengalami gelombang pasang saat mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

Hambatan arus lalu lintas pada momen mudik nantinya dapat ditemui sepanjang jalur Pantura dan Pansela di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Bambang menyebut, aktivitas gelombang pasang di Banten dan Jawa Barat umumnya terjadi di Pandeglang, Indramayu, Cirebon dan Sukabumi.

 Potensi serupa juga terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah seperti Kebumen, Semarang, Kudus, Tuban, Demak, dan Grobogan. Selain ancaman gelombang tinggi, Jawa Tengah juga masih akan diguyur oleh curah hujan tinggi selama masa mudik lebaran.

“Itu sejumlah daerah yang tentunya berpotensi mengalami adanya gangguan dari banjir rob,” kata Bambang dalam konferensi pers bertajuk ‘Kesiapan Pemerintah Menghadapi Risiko Bencana  Hidrometeorologi’ pada Selasa (2/4).

 Lebih jauh, Bambang mengatakan risiko cuaca ekstrim selama masa mudik lebaran juga terpantau di Yogyakarta, Malang, Surabaya Jawa Timur. “Ini curah hujan tinggi,” ujar Bambang.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...