Kubu Ganjar Minta MK Hadirkan Jokowi dalam Sidang Sengketa Pilpres

Amelia Yesidora
3 April 2024, 19:00
ganjar, anies, jokowi
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt. Deputi Hukum Tim Pemenengan Nasional (TPN) Ganjar Mahfud, Todung Mulya Lubis (tengah) mendengarkan tanggapan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja atas gugatan dari pasangan capres nomor urut 01 dan 03 saat sidang lanjutan sen
Deputi Hukum Tim Pemenengan Nasional (TPN) Ganjar Mahfud, Todung Mulya Lubis (tengah) mendengarkan tanggapan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja atas gugatan dari pasangan capres nomor urut 01 dan 03 saat sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (28/3/2024).
Button AI Summarize

Kuasa hukum Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Todung Mulya Lubis, menyatakan Presiden Joko Widodo perlu hadir dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilu atau PHPU di Mahkamah Konstitusi. Todung bilang, pemanggilan empat orang menteri masih belum cukup.

 Pengacara ini bilang Jokowi adalah kepala pemerintahan sehingga akan ideal bila Majelis Hakim MK mengundangnya. Pengelolaan dana bantuan sosial yang dianggap menjadi salah satu motif kecurangan Pemilu pada ujungnya akan mengarah pada presiden.

"Menurut kami, kalau mau tuntas ya harusnya hadirkan Presiden Jokowi.” kata Todung di Gedung MK, Rabu (3/4).

Todung juga menjelaskan Panitera MK masih belum menjawab permintaan mereka untuk mengundang Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Mereka sudah menyampaikan surat pada panitera, tapi panitera bilang harus disampaikan langsung pada ketua majelis.

“Jawabannya, akan membahas, akan bicara dengan majelis hakim secara internal. Tapi, kita tidak mendapat penjelasan dari ketua majelis hakim,” katanya.

Rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat 2024
Rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat 2024 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.)

 

Sebelumnya Anggota Tim Hukum Anies-Muhaimin, Bambang Widjojanto, berencana meminta MK untuk undang Jokowi hadir dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilu. Hal ini ia ucapkan saat MK mengumumkan pemanggilan empat orang menteri.

Keempat menteri ini ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Mereka bakal hadir dalam sidang Jumat (5/4).

“Karena kan penting sekali, kami memungkinkan untuk minta pada MK untuk panggil (Jokowi)” ujarnya pada Senin (1/4).

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...