Jokowi Resmi Lantik Marsekal Tonny Harjono Sebagai KSAU

Muhamad Fajar Riyandanu
5 April 2024, 12:44
Presiden Joko Widodo melantik KSAU Marsekal Tonny Harjono di Istana Negaera, Jakarta, Jumat (5/4). Foto: M Fajar Riyandanu
Katadata
Presiden Joko Widodo melantik KSAU Marsekal Tonny Harjono di Istana Negaera, Jakarta, Jumat (5/4). Foto: M Fajar Riyandanu
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (5/4). Tonny mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang akan memasuki masa pensiun pada 9 April mendatang.

Ketetapan pelantikan tersebut tertulis dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 102-TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Mayor Jenderal TNI Rudy Saladin.

Selain mengatur kenaikan jabatan Marsekal Madya Tonny Harjono sebagai KASAU, surat keputusan presiden tersebut juga memberhentikan dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KASAU.

"Keputusan Presiden RI ini mulai berlaku sejak pelantikan pejabat," kata Rudy.

Usai pembacaan tersebut, Jokowi menyematkan tanda pangkat dan tanda jabatan serta kepada Marsekal Tonny. Adapun kenaikan pangkat Tonny menjadi Marsekal diputuskan dalam Keputusan Presiden Nomor 26 TNI tahun 2024 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira TNI.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...