BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
5 April 2024, 18:12
BPJS Kesehatan kembali sediakan posko mudik gratis selama arus mudik dan arus balik.
BPJS Kesehatan
Button AI Summarize

Tahun ini, BPJS Kesehatan kembali menghadirkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Layanan ini bisa diakses para pemudik di Posko Mudik BPJS Kesehatan.

Posko tersebut berlokasi di beberapa titik, yaitu Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur; Pelabuhan Merak, Banten; Rest Area Tol KM 88A, Purwakarta; Rest Area Tol Ungaran KM 429A, Jawa Tengah; Terminal Purabaya, Sidoarjo; dan Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdal mengatakan, posko mudik tersebut disediakan selama masa mudik Lebaran, yaitu 5-9 April 2024. BPJS juga membuka Posko Mudik BPJS Kesehatan saat arus balik di Rest Area Banjaratma KM 260B, Brebes pada 13-15 April 2024.

“Masyarakat yang sedang mudik, silakan mampir. Selain layanan pemeriksaan kesehatan gratis, kami juga menyediakan fasilitas pijat relaksasi bagi pemudik,” tuturnya melalui keterangan tertulis, Jumat (5/4).

Afdal mengatakan, Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik pada lebaran 2024 mencapai 193 juta jiwa pemudik. Padahal, tahun lalu tercatat sejumlah 123 juta pemudik. Artinya, terdapat peningkatan jumlah pemudik sekitar 70 juta jiwa.

BPJS Kesehatan berupaya turut andil membantu kelancaran arus mudik dan arus balik tahun ini dengan menghadirkan Posko Mudik BPJS Kesehatan di sejumlah titik padat pemudik tersebut.

Selain bisa memanfaatkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis dan fasilitas relaksasi, di Posko Mudik BPJS Kesehatan pemudik juga bisa mendapatkan layanan lain seperti konsultasi kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency hingga pemberian rujukan bila diperlukan.

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila yang bersangkutan harus segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Para pemudik yang singgah di posko tersebut juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan.

Afdal menyatakan, seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan bisa dinikmati secara gratis. Posko Mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...