Luhut Sebut Mudik Tahun Ini Fantastis, Paling Meriah Sepanjang Sejarah

Rena Laila Wuri
6 April 2024, 10:14
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan keterangan pers saat kegiatan media briefing di Nusa Dua, Badung, Jumat (22/12/2023). Kegiatan tersebut membahas berbagai program kerja, capaian serta evaluasi kinerja Kemenko Mar
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan keterangan pers saat kegiatan media briefing di Nusa Dua, Badung, Jumat (22/12/2023). Kegiatan tersebut membahas berbagai program kerja, capaian serta evaluasi kinerja Kemenko Marves pada tahun 2023 menuju Indonesia Emas 2045.
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan mudik lebaran 2024 paling meriah sepanjang sejarah.

Berdasarkan data survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan yang ia terima, diperkirakan 194 juta masyarakat Indonesia akan melakukan mudik tahun ini. Jumlah itu naik 34 persen dari tahun sebelumnya.

"Luar Biasa. Satu kata yang menggambarkan aktivitas mudik Lebaran tahun 2024 ini," kata Luhut dalam unggahan di Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Jumat (5/4).

Luhut mengatakan, angka tersebut sangat fantastis. Pemerintah melalui Kemterian Perhubungan (Kemenhub) dan kepolisian telah memastikan banyak hal untuk kelancaran mudik tahun ini.

Ia mengatakan, pemerintah juga telah mempersiapkan berbagai fasilitas agar aktivitas pemudik menjadi aman dan nyaman.

“Kami di pemerintahan sudah menyiapkan yang terbaik, semua kami antisipasi. Sampai pada charger mobil listrik, misalnya,” ujar Luhut.

Luhut mengajak seluruh fasilitator dan peserta mudik untuk saling bekerja sama menjaga kelancaran mudik pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024. Selain itu, ia meminta agar para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tidak memaksakan diri membawa kendaraan dalam keadaan lelah dan mengantuk.

"Kalau ngantuk ya berhenti dulu sebentar, minum sebentar kalau malam (sudah buka puasa). Kalau masih siang ya dengan keluarga istirahat sebentar, sehingga jangan sampai ada kecelakaan karena kelelahan," katanya.

Halaman:
Reporter: Rena Laila Wuri
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...