Penumpang Angkutan Lebaran di Bandara AP II Capai 1,08 Juta, Naik 15%

Lona Olavia
7 April 2024, 21:50
Penumpang Angkutan Lebaran di Bandara AP II Capai 1,08 Juta, Naik 15%
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz
Calon penumpang berjalan untuk lapor diri di selasar Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (6/4/2024).
Button AI Summarize

Operasional dan pelayanan di 20 bandara PT Angkasa Pura (AP) II pada puncak arus mudik Sabtu (6/4) kemarin berjalan dengan lancar.  

Pada puncak arus mudik, jumlah pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara yang dikelola AP II secara kumulatif mencapai 313.170 penumpang. 

Sejalan dengan itu, jumlah penumpang pesawat angkutan lebaran 2024 di seluruh bandara AP II pada 3 - 6 April (H-7 sampai H-4) tercatat sudah menyentuh 1,08 juta atau meningkat sekitar 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sekitar 940.000 penumpang.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pada puncak arus mudik 6 April tercatat 187.750 penumpang. Sehingga, pada 3 - 6 April (H-7 sampai H-4) jumlah penumpang mencapai 658.607 penumpang atau naik sekitar 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan, kolaborasi yang baik di antara seluruh stakeholder bandara menjadi kunci utama kelancaran pelayanan dan operasional pada puncak arus mudik. 

“Seluruh stakeholder di bandara AP II memiliki tujuan yang sama pada angkutan lebaran, yakni menyambut dan turut mengantarkan masyarakat khususnya penumpang pesawat untuk berjumpa dengan keluarga di bulan suci ini,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (7/4).

Lebih lanjut, Cin Asmoro menuturkan salah satu indikator kelancaran operasional dan pelayanan pada arus mudik (H-7 hingga H-4) adalah tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on time performance dari maskapai yang mencapai rata-rata 95% di seluruh bandara AP II. 

Kelancaran pelayanan dan operasional pada angkutan lebaran termasuk saat puncak arus mudik ini juga didukung infrastruktur yang dilengkapi sistem teknologi informasi terkini yakni Terminal Operation Center (TOC) yang ada di setiap bandara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...