Jelang Lebaran, Astra Infra Bersama Kepolisian Terapkan Rekayasa Lalin

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
7 April 2024, 19:26
Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Tangerang-Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (20/12/202). PT Astra Infra Toll Road memprediksi volume kendaraan yang melintas di tol Tangerang-Merak selama Natal dan Tahun Baru 2024 mencapai 2,86 juta kendaraan
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc.
Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Tol Tangerang-Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (20/12/202). PT Astra Infra Toll Road memprediksi volume kendaraan yang melintas di tol Tangerang-Merak selama Natal dan Tahun Baru 2024 mencapai 2,86 juta kendaraan yang melintas.
Button AI Summarize

Memasuki H-4 jelang lebaran, volume lalu lintas di ruas tol Astra Infra terpantau mengalami peningkatan signifikan pada tanggal 6 April 2024. Total sebanyak 327 ribu kendaraan melintasi ruas tol Astra Infra di Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto.

Secara akumulatif, sejak 31 Maret 2024 (H-10) hingga 6 April 2024 (H-5) lebaran, tercatat 1,9 juta kendaraan telah melintasi ketiga ruas tol Astra Infra. Meningkat 0,2 persen dibandingkan periode yang sama pada lebaran 2023.

“Astra Infra terus bekerja sama dengan pihak terkait khususnya kepolisian, untuk dapat melakukan berbagai upaya mengurai kepadatan dan antrean yang terjadi, serta memberikan pelayanan untuk kenyamanan pengguna jalan pada puncak arus mudik ini,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar dalam keterangan tertulis, Minggu (7/4).

Ruas Tol Tangerang - Merak

Pada ruas tol Tangerang - Merak, Pada 6 April 2024, dari total 147 ribu kendaraan melintas, tercatat sekitar 8 ribu kendaraan melintasi Gerbang Tol Merak menuju ke arah Pelabuhan Merak. 

Sesuai data yang disampaikan oleh Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, pada tahun ini jumlah pemudik via Pelabuhan Merak dan Ciwandan mengalami kenaikan signifikan. 

Pada 5-6 April 2024 terjadi antrean sepanjang sekitar 8 km menjelang Gerbang Tol Merak, imbas dari antrean di Pelabuhan Merak. Untuk mengatasi antrean dan menjaga kenyamanan pengguna jalan, Astra Infra Toll Road Tangerang - Merak telah melakukan berbagai tindakan.

  1. Berkoordinasi dengan kepolisian dan mendukung implementasi delaying system di TIP (tempat istirahat dan pelayanan) KM 43 dan 68 arah Merak. Selain itu, membatasi lajur transaksi di Gerbang Tol Cikupa untuk mengurangi kepadatan antrian di Pelabuhan Merak, sesuai diskresi kepolisian.
  2. Melakukan pengaturan jumlah gardu transaksi termasuk 2 gardu tandem di Gerbang Tol Merak dan bantuan petugas untuk tapping kartu uang elektronik pengguna jalan guna percepatan transaksi.
  3. Petugas membagikan makanan dan minuman untuk pengguna jalan yang telah lama mengantri di Gerbang Tol Merak. Sehingga pengguna jalan tetap dalam kondisi prima dan nyaman dalam perjalanan.
  4. Untuk kenyamanan pengguna jalan, petugas secara rutin melakukan pembersihan jalur dan penyiagaan sekitar 400 unit toilet, termasuk portable toilet, yang tersebar di KM 94 - 96 arah Merak.
  5. Astra Infra Toll Road Tangerang - Merak turut membantu mensosialisasikan informasi tiket penyeberangan di tanggal 6-8 April 2024 yang sudah sold out melalui VMS dan berbagai media komunikasi lainnya, untuk mencegah pengguna jalan terjebak antrean.

Agar kondisi pengguna jalan tetap prima, Astra Infra Toll Road Tangerang Merak mengimbau pengguna jalan yang melintas dapat memanfaatkan fasilitas toilet dan mushola yang terdapat di Rest Area KM 43, KM 68, serta setiap kantor gerbang Tol Tangerang - Merak. 

Sementara untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, pengguna jalan juga diimbau untuk dapat memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, melakukan pengisian saldo di rest area sebelum menuju ke gerbang keluar tol.

Ruas Tol Cikopo - Palimanan

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...