Sidang Isbat Idul Fitri 2024, Kemenag Pantau Hilal dari 120 Titik

Ira Guslina Sufa
8 April 2024, 16:55
Sidang isbat
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Penerjemah bahasa isyarat menyampaikan pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengenai hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah di Kantor Kemenag, Jakarta, Minggu (10/3/2024).
Button AI Summarize

Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat atau penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah pada Selasa (9/4). Sidang isbat akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin menerangkan, sidang isbat dilaksanakan secara tertutup. Sidang akan dihadiri oleh Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat, pimpinan Majelis Ulama Indonesia, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

"Sebagaimana biasa, sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 9 April 2024," ujar Kamaruddin seperti dikutip dari laman Kemenag, Senin (8/4). 

Sidang isbat akan diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. Berdasarkan data hisab, ijtimak terjadi pada Selasa, 29 Ramadan 1445 H / 9 April 2024 M, sekitar pukul 01.20 WIB. 

Saat matahari terbenam, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk antara 4 derajat 52.71 menit sampai 7 derajat 37.84 menit. Sedangkan sudut elongasi 8 derajat 23.68 menit hingga 10 derajat 12.94 menit. 

Menurut Kamaruddin berdasarkan kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura atau MABIMS posisi hilal dimaksud telah memenuhi kriteria visibilitas hilal atau Imkanur Rukyat yaitu tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat. Pemantauan hilal akan dilakukan di berbagai provinsi. 

“Kementerian Agama akan menurunkan tim ke 120 lokasi di seluruh Indonesia. Mereka akan melaporkan, apakah pada hari itu hilal terlihat atau tidak," ujar Kamaruddin. 

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...