SBY Tak Hadir di Open House Jokowi, AHY: Ada Acara di Cikeas

Amelia Yesidora
10 April 2024, 13:38
SBY
Katadata/Amelia Yesidora
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono dan eks Menteri Parekraf Wishnutama turut mengantre bersama warga di open house Istana Negara, Rabu (10/4).
Button AI Summarize

Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dipastikan tidak hadir dalam acara open house di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (10/4). Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan ayahnya harus menghadiri acara lain di kediamannya.

“Tidak hadir di open house karena ada acara di Cikeas. Saya hadir di sini sekaligus untuk mewakili,” kata AHY saat ditemui wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (10/4).

AHY sendiri hadir di gelaran open house bersama istrinya, Annisa Pohan. Ia mengatakan, bahwa selain sebagai seorang menteri di kabinet, kehadirannya juga mewakili ayahnya, SBY. 

Sebelum menghadiri open house Istana Kepresidenan, AHY dan adiknya, Eddy Baskoro Yudhoyono mengikuti salat Idul Fitri bersama SBY di kediamannya, Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Salat ini dimulai sekitar pukul 06.45, yang juga dihadiri mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan mantan Menko Polhukam Joko Suyanto.

Sementara, di Istana Negara belasan orang menteri tampak hadir dalam open house. Mulai dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Turut hadir juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kemudian tampak hadir Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Tidak ketinggalan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga hadir dalam acara open house. Presiden terpilih Pemilu 2024 itu hadir bersama anaknya, Didit Prabowo, dan ajudannya Mayor Teddy.

Seperti diketahui, hari ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Istana Negara untuk masyarakat umum. Acara open house ini dimulai setelah Jokowi Salat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta. Kepala Negara mulai menerima kehadiran Wakil Presiden Maruf Amin dan menteri Kabinet Indonesia Maju dari pukul 09.00 WIB.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...