Ramai-ramai Rayakan Lebaran di Istana Negara

Amelia Yesidora
10 April 2024, 09:23
Masyarakat mengantre di depan Pintu Kementerian Sekretariat Negara untuk merayakan lebaran bersama Presiden Joko Widodo yang menggelar open house pada Rabu, 10 April 2024.
Katadata/Amelia Yesidora
Masyarakat mengantre di depan Pintu Kementerian Sekretariat Negara untuk merayakan lebaran bersama Presiden Joko Widodo yang menggelar open house pada Rabu, 10 April 2024.
Button AI Summarize

Seorang ibu terlihat gusar saat hendak masuk ke Istana Negara. "Kamu punya selendang, enggak? Anakku pakai kaos, bisa masuk enggak, ya?" tanya seorang ibu sembari menunjuk perempuan muda di sebelahnya, Rabu (10/4/2024). Ia tahu bahwa untuk merayakan lebaran di Istana Negara, harus menggunakan pakaian formal.

Ibu itu bernama Inge. Perempuan berusia 51 tahun itu sengaja jauh-jauh datang dari Dadap, Banten, untuk berlebaran bersama Presiden Joko Widodo. Ia datang mengenakan pakaian serba hitam disertai kacamata.

Demi bertemu Jokowi, Inge sudah bersiap menempuh perjalanan Dadap-Istana Negara sejak pukul 04.00 pagi. Sekitar pukul 05.00, ia tiba di Pintu Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta. Ia menjadi orang pertama yang mengantre untuk menyemarakkan open house terakhir Jokowi sebagai presiden.

Inge tak sendiri. Antrean ratusan orang mengular di belakang Inge. Dari pantauan Katadata pukul 07.18, masyarakat yang antre ini kebanyakan hadir dengan baju batik.

Inge tak hanya memboyong dua anak perempuannya yang sudah beranjak remaja. Ia datang bersama warga satu RT-nya dengan menggunakan mobil.

Menurut Inge, ini bukan kali pertama ia menghadiri acara open house Presiden Jokowi saat Hari Raya Idulfitri. Terhitung sudah empat kali ia merayakan lebaran bersama Jokowi, seolah-olah kegiatan ini menjadi kegiatan rutin wajib bagi keluarganya. 

Dalam empat kali kesempatan berlebaran dengan Jokowi, ia kerap berfoto dan bersalaman dengan sang kepala negara. Sayangnya tahun lalu ia kalah cepat, Jokowi sudah melipir ke Monumen Nasional sementara Inge masih di Istana Negara. "Sekarang saya mau salam-salaman, kalau bisa foto bareng Pak Jokowi," kata dia.

Hari ini, Jokowi membuka Istana Negara untuk masyarakat umum. Berdasar info dari Istana, acara open house ini akan dimulai setelah Jokowi Salat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta. Jokowi mulai menerima kehadiran Wakil Presiden Maruf Amin dan menteri Kabinet Indonesia Maju dari pukul 09.00 WIB.

Sekira pukul 11.00 WIB, kepala negara menerima kehadiran masyarakat, wartawan, pasukan pengawal presiden, dan Biro Pers, Media dan Informasi. Tiga jam kemudian, presiden dijadwalkan berangkat menuju Istana Bogor. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan melakukan kunjungan luar kota hingga cutinya berakhir pada Senin (15/4).

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Dini Pramita
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...