Usulan WFH Siasati Arus Balik Lebaran Tunggu Lampu Hijau dari Jokowi

Yuliawati
Oleh Yuliawati
12 April 2024, 13:46
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) menyapa calon penumpang pesawat saat meninjau kesiapan arus balik Lebaran di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, Jumat (12/4/2024).
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/nz
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) menyapa calon penumpang pesawat saat meninjau kesiapan arus balik Lebaran di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, Jumat (12/4/2024).
Button AI Summarize

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk menyiasati kepadatan lalu lintas saat arus balik Lebaran. Budi mengatakan usulan ini masih menunggu lampu hijau atau persetujuan dari Presiden Jokowi.

Budi mengatakan usulan WFH pada pekan depan atau 16-17 April 2024 tersebut hasil dari rapat bersama Jasamarga. Berdasarkan prediksi Jasamarga arus balik lebaran akan naik dibandingkan keberangkatan.

"Perlu diantisipasi untuk mencegah dampak buruknya," ucap Budi usai mengecek kesiapan arus balik lebaran di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (12/4).

Budi mengatakan rekomendasi WFH ini telah didiskusikan oleh pihaknya untuk disampaikan kepada Presiden Jokowi. Budi berharap usulan itu bisa disetujui presiden. "Saya kemarin sudah memutuskan rekomendasi (WFH) bersama Pak Menko dan Kakorlantas," kata dia.

Kebijakan WFH tersebut perlu diberlakukan sebagai mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas (lalin) kendaraan arus balik di momen yang bersamaan.

"Kalau selama ini kita liburnya sudah banyak, kalau libur melulu Indonesia gak produktif, tapi ini hak prerogatif pak Presiden untuk meluruskan rekomendasi WFH ini," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...