Kaesang Berpeluang Maju Pilgub Jakarta, Siapa Saja Potensi Lawannya?

Ameidyo Daud Nasution
16 April 2024, 11:33
kaesang, jakarta, anies, ridwan kamil
ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/aww.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kiri) bersama istri Erina Gudono (kanan) berpose saat kampanye di Malang, Jawa Timur, Kamis (1/2/2024).
Button AI Summarize

Nama putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep masuk bursa calon Gubernur Jakarta. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia itu juga tak menutup kemungkinan maju dalam pilkada Jakarta.

Meski demikian, ia masih menunggu perkembangan politik sebelum memutuskan maju tidaknya ke Pilgub pada akhir tahun ini. "Lihat dulu kalau itu," katanya kepada awak media saat halal bihalal di DPP Golkar, Jakarta, Senin (15/4).

Jika Kaesang maju, ia kemungkinan akan melawan sejumlah nama yang telah digadang ikut kontestasi. Berikut nama-nama lain yang masuk bursa cagub DKI Jakarta"

Anies Baswedan

Gubernur DKI periode 2017-2022 Anies Baswedan mengaku enggan maju dalam Pilgub mendatang. Meski demikian, sejumlah partai pengusung calon presiden nomor urut 01 itu akan meminta Anies untuk maju.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan pihaknya akan berbicara kepada Anies agar mau berubah pikiran. Mardani mengatakan Anies sebenarnya mengutarakan niat untuk tak maju lagi di Pilgub DKI.

"Setahu saya belum, setahu saya Mas Anies tidak mau, tapi kami bisa membujuknya agar mau," kata Mardani kepada Katadata.co.id pekan lalu.

Open house Anies Baswedan
Open house Anies Baswedan (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.)

Bukan tanpa alasan PKS bersedia membujuk Anies Baswedan untuk maju lagi dalam pilgub. Mardani beralasan elektabilitas mantan Gubernur DKI itu masih menjadi salah satu yang paling tinggi di Jakarta.

Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 Ridwan Kamil juga menjadi salah satu nama kandidat Jakarta 1. Partai Golkar juga telah menugaskan Kang Emil untuk memilih dua pilkada yakni Jakarta atau Jawa Barat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...