Bank Islam Terbesar di Abu Dhabi Dikabarkan Incar Saham BRIS Rp 17,9 T

Patricia Yashinta Desy Abigail
17 April 2024, 20:17
Abu Dhabi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Pekerja merapikan logo Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Minggu (31/1/2021).
Button AI Summarize

Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB) dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) senilai sekitar US$ 1,1 miliar. Nilai ini setara dengan Rp 17,98 triliun dengan asumsi kurs Rp 16.350 per dolar Amerika Serikat. 

Mengutip Reuters potensi akuisisi 15% saham Bank Syariah Indonesia dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu opsi yang dipertimbangkan Abu Dhabi Islamic Bank. Namun demikian pihak ADIB tidak berkomentar apapun terkait dengan hal ini. Selain itu, BRIS juga tidak memberikan kebenaran atas informasi tersebut. 

“Apa yang bisa kami sampaikan adalah bahwa informasi di atas berada dalam domain pemegang saham kami,” kata Sekretaris Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BSI) Gunawan Hartoyo, mengutip Reuters, Rabu (17/4). 

Sumber Reuters menyebut diskusi dan pertimbangan masih dalam tahap awal dan tidak ada jaminan kesepakatan akan tercapai. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebelumnya menyatakan saat ini masih dalam tahap diskusi untuk mencari investor baru Bank Syariah Indonesia. 

Dirinya berharap investor baru nantinya bisa menjadikan BSI sebagai bank syariah yang bertumbuh secara global. "Saat ini BRIS ranking 12, siapa tahu masuk 10 besar. Lalu partner yang bisa membuka akses BSI membuka kantor di London, Riyadh, Mekah, Madinah, dan Dubai ini yang kami dorong," kata Erick kepada wartawan, Kamis (9/11).

Erick menilai, pendanaan dalam konteks syariah merupakan salah satu yang menarik untuk terus dieksplorasi ke depan. Dirinya juga mengatakan jika BUMN memprioritaskan investor asal Timur Tengah untuk menanamkan investasi di bank bersandi BRIS tersebut. 

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...