Prabowo Beli 2 Kapal Perang Rp 20 T dari Italia, Ini Spesifikasinya

Muhamad Fajar Riyandanu
18 April 2024, 14:34
kapal, prabowo, italia
Antara
Frigate European Multi-Mission (FREMM) buatan Fincantieri S.p.A. Foto: Antara.
Button AI Summarize

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi menyetujui kontrak pengadaan dua unit kapal fregat Frigate European Multi-Mission (FREMM) dari perusahaan pembuat kapal asal Italia, Fincantieri S.p.A.

Fincantieri dan Kementerian Pertahanan Indonesia menyepakati nilai kontrak pengadaan dua unit kapal itu sebesar € 1,18 miliar atau sekira Rp 20,4 triliun. Fincantieri saat ini sedang melaksanakan pembangunan kedua kapal fregat tersebut di galangan kapalnya di Trieste, Italia.

Kapal yang dipesan adalah jenis Pattugliatore Polivalente d’Altura (PPA) yang memiliki kemampuan multi-misi dan dilengkapi dengan teknologi terkini untuk mendukung patroli lepas pantai.

Adapun pengadaan kapal perang ini merupakan bagian dari peremajaan alat utama sistem senjata alias Alutsista strategis untuk menjaga perairan Indonesia. Berdasarkan kontrak yang telah disepakati, pengiriman kapal pertama pada bulan Oktober 2024, sementara kapal kedua  akan tiba pada bulan April 2025.

Melansir siaran pers Kementerian Pertahanan yang dirilis pada Rabu (17/4), kapal-kapal tersebut memiliki panjang mencapai 143 meter dan lebar kapal sekitar 16.5 meter, displacement 6.250 Ton (full load) kecepatan max ≥ 30 knots, endurance 5000 NM.

Kapal ini juga dipersenjatai dengan sistem rudal permukaan ke udara (Surface to Air Missile /SAM) Aster 15 beserta peluncur vertical DCNS Sylver A43. Sistem rudal SAM Aster 15 ini dapat dipasang pada berbagai jenis kapal perang, seperti fregat, destroyer, atau kapal induk.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...