Mengintip 5 Alutsista Terbaru Milik TNI

Image title
5 Oktober 2023, 16:07
alutsista
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ilustrasi, prajurit TNI AU melakukan pengecekan Pesawat Hercules C-130 H A-135 saat kegiatan serah terima di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Pada Kamis, (5/10) Tentara Nasional Indonesia atau TNI telah berusia 78 tahun. Telah lama mengiringi perjalanan bangsa, TNI terus memperkuat diri dengan beragam alat utama sistem senjata.

Setiap tahunnya, TNI memperoleh anggaran yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Anggaran yang dialokasikan ini dibagi kepada lima unit organisasi, yaitu Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, TNI Angkatan Darat (AS), TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU).

Tahun ini, TNI melengkapi kekuatan dengan beberapa alutsista baru, yang telah aktif bertugas. Selain itu, ada beberapa alutsista yang telah dijadwalkan datang untuk semakin memperkuat TNI ke depan.

Daftar Alutsista Baru TNI

Memasuki 2023, TNI telah dilengkapi dengan beberapa alutsista baru untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia. Beberapa alutsista yang telah hadir tersebut, antara lain sebagai berikut:

1. C-130J Super Hercules

KEDATANGAN PESAWAT C-130J SUPER HERCULES
KEDATANGAN PESAWAT C-130J SUPER HERCULES (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.)

Pesawat C-130J Super Hercules adalah pesawat buatan Amerika Serikat (AS), yang mampu memberikan peningkatan kinerja secara signifikan, serta menambah kemampuan operasional TNI pada pertempuran darat dan udara. Pesawat ini memiliki kecepatan maksimal 362 knot, dengan kecepatan jelajah 348 knot dan jangkauan 2.835 mil laut.

Dua pesawat C-130J Super Hercules telah diserahkan kepada TNI AU oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada 6 Juli 2023. Ini merupakan bagian dari kontrak pengadaan lima unit pesawat C-130J Super Hercules antara Kementerian Pertahanan dengan Lockheed Martin, AS.

2. Tank Boat Antasena

Tank Boat Antasena
Tank Boat Antasena (Dok. PT Pindad)

Tank Boat Antasena merupakan alutsista yang telah diserahkan awal tahun ini, dari Kementerian Pertahanan kepada Satuan Angkutan Perairan (Satangar) Pusbekangad TNI AD.

Tank boat Antasena dilengkapi senjata utama kanon Cockerill 3030 buatan John Cockeril kaliber 30 mm dan 2 senapan mesin 12,7 mm. Pola penembakan pada kubah kanon tersedia dalam tiga opsi, yakni single shot, 5 round burst, dan full auto. Dalam kubah dapat disiapkan 255 butir amunisi 30 mm dalam two-drumfeed system.

Tank Boat Antasena dapat mengangkut 60 orang personil dan 5 orang kru, memiliki kecepatan maksimum 40 knot serta daya jelajah hingga 600 nautical mile.

Tank Boat ini merupakan program Kementerian Pertahanan, yang dilaksanakan oleh konsorsium, dengan PT Pindad sebagai lead integrator, yang bekerjasama dengan PT Lundin Industry Invest, PT Len Industri, dan PT Hariff.

3. CN 235-220 MPA

CN 235-220 MPA
CN 235-220 MPA (Dok. Komite Kebijakan Industri Pertahanan)

Alutsista yang juga telah hadir pada awal 2023, adalah CN 235-220 MPA, yang merupakan produksi PT Dirgantara Indonesia. Pesawat ini bertugas di bawah Skuadron Udara 800 Wing Udara 2 Puspenerbal.

CN 235-220 MPA mampu terbang setinggi 25.000 kaki, dan dilengkapi dengan radar intai maritim AN/APS-13C(V)3 OceanEye untuk mendeteksi obyek di permukaan laut, yang memiliki fitur Identification Friend of Foe (IFF), Anti-Surface Warfare (ASuW), small target detection, Ground-Moving Target Indicator (GMTI) dan SAR transpoder detection.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...