ITB Menangkan 2 Penghargaan di Kompetisi Asia Pasifik Huawei

Lenny Septiani
18 April 2024, 21:15
ITB
Freepik
Button AI Summarize

Dua tim dari Institut Teknologi Bandung memenangkan penghargaan Huawei ICT Competition Asia Pacific ke-8 tahun 2023-2024. Kemenangan itu diperoleh untuk grand prize di Network Track dan juara pertama Cloud Track.

President of Huawei Asia-Pacific, Simon Lin mengatakan lebih dari 6.400 siswa dari 14 negara dan wilayah di Asia Pasifik berpartisipasi dalam kompetisi itu. Mulai 2023 Huawei menambahkan satu kategori baru yaitu computing track. 

“Menambah kategori yang sebelumnya telah dikompetisikan yaitu network, cloud dan innovation track," kata Simon Lin dalam penghargaan yang diselenggarakan Huawei dan ASEAN Foundation di Sekretariat Nasional ASEAN di Jakarta, Kamis (18/4).

Selain itu, Huawei merancang kegiatan yang lebih interaktif untuk meningkatkan kecakapan kepemimpinan dan kesiapan kerja siswa. Ia berharap program kompetisi ini dapat membentuk dan melahirkan para pemimpin, praktisi, dan inovator masa depan. 

Huawei ICT Competition diluncurkan pada tahun 2016 dan tahun ini merupakan tahun ke-8 penyelenggaraan kompetisi ini di Asia Pasifik. Simon mengatakan Huawei berkomitmen memperluas dampak gelaran ini di sektor pendidikan. Caranya melalui rencana untuk mendirikan 500 akademi TIK yang ditargetkan untuk membina lebih dari 200.000 siswa per tahun 2025.

Selain ITB dari Indonesia, mahasiswa dari universitas dari negara Asia Tenggara lainnya juga memenangkan penghargaan pada kompetisi ini. Misalnya, Cebu Institute of Technology dari Filipina meraih Grand Prize di Innovation Track, sementara Grand Prize di Cloud Track diberikan kepada Singapore Polytechnic. Selain itu, i-Academy dari Filipina muncul sebagai juara regional untuk kategori baru yaitu Computing Track.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...