Pendukung Prabowo-Gibran Batal Gelar Aksi di Gedung MK Hari Ini

Ade Rosman
19 April 2024, 09:06
prabowo-gibran, aksi relawan prabowo, MK
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Sejumlah pendukung Prabowo Gibran mendengarkan pidato dari calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat acara pemantauan hasil hitung cepat atau quick count di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). Prabowo-Gibran menggelar pidato kemenangan usai sejumlah lembaga survei menempatkan capres-cawapres nomor urut 2 unggul atas dua pesaingnya dengan perolehan suara 51 persen - 60 persen.
Button AI Summarize

Relawan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka batal menggelar aksi di depan gedung Mahkamah Konstitusi atau MK pada Jumat (19/4). Komandan Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Haris Rusly Moti mengatakan keputusan itu lantaran mengikuti arahan dari Prabowo yang meminta pendukungnya untuk tak menggelar aksi di MK.

"Arahan Pak Prabowo adalah kita semua selaku pemilih dan pendukung Prabowo-Gibran untuk menghormati proses hukum dan konstitusi yang sedang berjalan di MK," kata Haris, Kamis (18/4) malam.

Haris mengatakan, Prabowo meminta pendukung dan pemilihnya memberikan kepercayaan penuh pada MK untuk mengadili perkara sengketa Pilpres yang tengah bergulir.

"Pak Prabowo juga meminta kami pendukung dan pemilih Prabowo-Gibran untuk tidak melakukan tekanan politik dalam bentuk gerakan massa maupun gerakan dalam bentuk amicus curiae ke MK," kata Haris.

Ia pun mengatakan, Prabowo meminta seluruh pendukung dan pemilihnya melakukan acara politik di markas atau sekretariat relawan masing-masing.

Haris menyebut, Prabowo khawatir terjadi gesekan hingga kekacauan yang tak terkendali di lapangan akibat aksi dengan massa besar itu. Ia mengklaim hingga Kamis (18/4) malam, sekitar 75 ribu massa pendukung dan pemilih Prabowo-Gibran yang telah siap mengikuti aksi tersebut.

Arahan Prabowo

Prabowo melalui sebuah video meminta para pendukungnya untuk tak menggar aksi hari ini. "Saudara-saudara sekalian, saya Prabowo Subianto meminta dengan sungguh-sungguh kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya 96,2 juta rakyat Indonesia yang telah memilih pasangan Prabowo-Gibran untuk tidak melakukan aksi apapun," kata Prabowo, Kamis (18/4) malam.

Prabowo dalam video itu mengatakan, dirinya memahami rasa terganggu para pendukungnya dengan adanya narasi kubunya menggunakan cara-cara curang dalam proses Pemilu 2024. "Kita sadari bersama bahwa itu adalah tuduhan yang tidak mendasar," kata dia.

Kendati demikian, Prabowo meminta pendukung dan pemilihnya untuk tidak terpancing dan terprovokasi agar menghindari suasana tak kondusif di antara sesama anak bangsa.

"Saya mengimbau seluruh pendukung Prabowo-Gibran untuk sekali lagi menahan diri, berjiwa besar, berhati yang teguh, dan memberi suatu dukungan tidak dengan aksi-aksi massa dan aksi-aksi di jalan. Hal ini tidak berarti bahwa kita lemah, tidak. Justru orang yang kuat adalah orang yang dapat mengendalikan perasannya pihak yang kuat adalah pihak yang bisa menahan diri, pihak yang kuat adalah pihak yamg mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan golongan atau pribadi," kata Prabowo. 

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...