Zulhas Sebut Tak Ada Proses Transisi: Prabowo Selalu Ikut Rapat Jokowi

Muhamad Fajar Riyandanu
23 April 2024, 15:04
prabowo, zulhas, jokowi
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/pras.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kiri) memberikan arahan kepada pendukung saat safari politik di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (17/1/2024).
Button AI Summarize

Wakil Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan tidak ada tim transisi dalam proses peralihan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pemerintahan Prabowo SubiantoPrabowo - Gibran Rakabuming Raka. Dia menyebut bahwa proses peralihan pemerintahan sudah mulai berjalan.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan pihak-pihak yang berkontribusi di lingkaran rezim Prabowo-Gibran nantinya merupakan orang-orang yang juga berperan dalam pemerintahan Jokowi saat ini.

Hal ini disebutnya berbeda dari masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono ke Jokowi.  Saat itu, Jokowi menyiapkan tim transisi untuk menyesuaikan diri dengan program SBY.

"Ridak ada tim transisi karena ini melanjutkan yang sebelumnya.  Orang-orangnya kan itu-itu juga," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan pada Selasa (23/4).

Zulhas menambahkan, presiden terpilih Prabowo Subianto sangat aktif dalam kegiatan rapat kabinet saat ini. Menurutnya, hal tersebut dapat dilihat sebagai proses transisi pemerintahan yang mulai berjalan.

"Sekarang sudah mulai kok, Pak Prabowo setiap rapat kabinet itu ikut. Jadi nanti selesai dilantik lansung melanjutkan," ujar Zulhas.

Menhan Prabowo Subianto terima kunjungan Menlu China
Menhan Prabowo Subianto terima kunjungan Menlu China (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku siap berkontribusi untuk memuluskan proses transisi Pemerintahan Kabinet Indonesia Maju kepada Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sikap ini menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh permohonan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Pemerintah mendukung proses transisi dari pemerintahan sekarang ke nanti pemerintahan baru. Akan kami siapkan sekarang,” kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers di Kabupaten Mamuju yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (23/4).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...