Usai Penetapan KPU, Jokowi Minta Prabowo Mulai Susun Rencana Kerja

Muhamad Fajar Riyandanu
24 April 2024, 13:28
jokowi, prabowo, gibran
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan keterangan kepada wartawan seusai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk segera mempersiapkan rencana kerja pemerintahan seusai keduanya ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (24/4).

Jokowi mengatakan, persiapan itu bertujuan agar Prabowo-Gibran dapat langsung menjalankan janji kampanye setelah mereka dilantik pada 22 Oktober mendatang.

"Artinya apa? presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri dengan perencanaan yang sudah dikampanyekan agar setelah pelantikan langsung kerja," kata Jokowi di ICE BSD Tangerang, Rabu (24/4).

Jokowi mengaku bersedia untuk berkontribusi dalam proses transisi pemerintahan Kabinet Indonesia Maju ke Pemerintahan Prabowo-Gibran. Langkah ini bertujuan untuk menjamin proses transisi berjalan mulus.

"Sehingga presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik, itu juga kalau diminta dari presiden dan wakil presiden terpilih," ujar Jokowi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pemenang Pilpres 2024. Prabowo mengatakan dirinya akan mulai bekerja keras dalam mempersiapkan dirinya sebagai Presiden Indonesia.

"Berharap dan menuntut semua pimpinan politik untuk kerja sama, kerja untuk rakyat. Saya kira itu dari saya," kata Prabowo.

Seluruh Ketua Umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka turut menghadiri penetapan pasangan calon nomor urut 02 tersebut sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...