Jokowi Berharap Timnas U-23 Bisa Lolos ke Olimpiade Paris

Muhamad Fajar Riyandanu
26 April 2024, 12:37
Timnas Indonesia U-23 berfoto sebelum melawan Timnas Yordania U-23 pada Kualifikasi Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024).
ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/rwa.
Timnas Indonesia U-23 berfoto sebelum melawan Timnas Yordania U-23 pada Kualifikasi Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada Tim Nasional (Timnas) Sepakbola U-23 setelah mengalahkan Korea Selatan (Korsel) di perempat final Piala Asia AFC U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat dini hari (26/4).

"Prestasi luar biasa dari Timnas Sepakbola U-23 Indonesia, pertama kalinya Indonesia berhasil mencapai babak semifinal di kompetisi ini, sangat bersejarah!," kata Jokowi dalam ciutannya di akun media sosial X pada Jumat (26/4).

Kemenangan Tim asuhan Shin Tae-yong melalui drama adu pinalti dengan skor 11-10 ini menumbuhkan harapan Timnas sepakbola Indonesia maju ke Olimpiade Paris 2024.

Dengan hasil ini, Timnas Garuda hanya butuh mengunci satu kemenangan lagi pada laga semifinal nanti agar bisa tampil di ajang Olimpiade Paris 2024 nanti. Indonesia akan menghadapi tim pemenang antara laga Arab Saudi versus Uzbekistan.

Jika Timnas U-23 Indonesia masuk final, secara otomatis akan langsung lolos Olimpiade Paris. Sedangkan jika Indonesia kalah di semifinal, masih ada harapan lolos melalui penentuan juara ketiga melawan tiga tim yang kalah di semifinal. Sebagai catatan, kali terakhir Indonesia berlaga di ajang Olimpiade pada 1956 silam di Melbourne.

"Selamat kepada timnas Garuda Muda! Semoga dalam babak semifinal, Indonesia dapat memanfaatkan peluang sebaik-baiknya dan meraih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Teruslah bersemangat, Timnas Indonesia!," ujar Jokowi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyampaikan kemenangan Timnas U-23 Indonesia atas Korea Selatan merupakan kebanggan dan kebahagiaan seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya apresiasi seluruh elemen Timnas sepakbola kita dan tentunya PSSI. Semoga ini menjadi sejarah baru bisa lolos olimpiade. Mohon dukungan dan doanya," kata Dito lewat pesan singkat kepada wartawan, Jumat (26/4).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...