Jokowi dan PM Lee Kenalkan Calon Pimpinan Baru Indonesia dan Singapura

Muhamad Fajar Riyandanu
29 April 2024, 18:12
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kanan) berbincang bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto (kiri) saat melakukan pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kanan) berbincang bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto (kiri) saat melakukan pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong bertemu di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4) dalam agenda leader's retreats. Jokowi menyinggung mengenai kepemimpinan dia dan PM Lee yang berakhir tahun ini dan para pengganti mereka.

Jokowi mengatakan Indonesia dan Singapura akan memiliki pemimpin yang baru pada 2024. Jokowi meyakini kerja sama Indonesia dan Singapura akan semakin kuat di bawah kepemimpinan yang baru.

“Tahun ini Indonesia dan Singapura akan memiliki pemimpin baru. Saya yakin di bawah pimpinan yang baru kerja sama yang saling menguntungkan akan terus kita perkuat,” kata Jokowi dalam siaran pers pada Senin (29/4).

Jokowi turut menyampaikan apresiasi kepada PM Lee dan jajaran kabinetnya. Kemitraan Indonesia dan Singapura telah berjalan dengan baik di bawah kepemimpinan PM Lee. “Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada PM Lee dan jajaran yang telah bekerja sama selama ini,” ujar dia.

PM Lee Hsien Loong akan mengundurkan diri dari jabatannya pada 15 Mei 2024 mendatang dan wakilnya Lawrence Wong akan mengambil alih jabatan tersebut. Sedangkan, Jokowi juga akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia pada Oktober mendatang.

Pada kesempatan tersebut, PM Lee Hsien Loong menitip pesan kepada Wakil PM sekaligus Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menjaga serta memajukan hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura ke tahap yang lebih progresif.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...