Jokowi Optimistis Timnas Kalahkan Irak dan Menuju Olimpiade Paris

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Mei 2024, 12:40
jokowi, timnas, olimpiade
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
Presiden RI Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (ketiga kiri) dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kiri) saat meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, NTB, Kamis (2/5/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia U-23 dapat meraih kemenangan dalam duel lawan Irak untuk perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Kamis (2/5) malam nanti.

“Menang, Insyaallah,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Pasar Seketeng, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat pada Kamis (2/5).

Kemenangan Timnas Garuda Muda akan mengunci tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024 nantinya, menyusul Jepang dan Uzbekistan telah lebih dulu memenangkan tiket. Kedua negara tersebut otomatis lolos usai melaju ke babak final Piala Asia U-23 2024.

Adapun tiket Olimpiade Paris bisa didapatkan oleh juara 1,2, dan 3 Piala Asia U-23. Sedangkan tim yang kalah atau finish di posisi keempat masih harus menghadapi wakil Afrika, Guinea, dalam laga play-off.

Jokowi mengatakan, dirinya akan menyaksikan pertandingan Indonesia-Irak di kediamannya tanpa menggelar nonton bareng dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta seperti saat Timnas Garuda Muda melawan Uzbekistan pada Senin, 29 April lalu. “Nonton di kamar” ujarnya.

Piala Asia U-23: Indonesia kalah dari Uzbekistan
Piala Asia U-23: Indonesia kalah dari Uzbekistan (ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/nym.)

Pada pertandingan yang berlangsung malam ini, Indonesia tidak akan diperkuat oleh kapten timnas, Rizky Ridho, karena mendapatkan kartu merah pada pertandingan sebelumnya melawan Uzbekistan.

Namun, timnas bisa kembali diperkuat oleh striker Rafael Struick yang sempat absen karena akumulasi kartu kuning di dua permainan berikutnya. Pemain kelahiran Belanda itu sebelumnya menjadi penentu kemenangan timnas Indonesia setelah dua kali membobol gawang Korea Selatan.

“Sayang dia (Struick) absen di pertandingan melawan Uzbekistan, dan sekarang dia sudah dalam kondisi bugar, dan saya yakin dia akan berkontribusi besar di laga lawan Irak,” kata pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Rabu (1/5). 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...