PSI Perkarakan Dugaan Penggelembungan Suara Gerindra di Sumatera Utara

Ira Guslina Sufa
2 Mei 2024, 15:21
PSI
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/YU
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (tengah) menyampaikan orasi politiknya saat kampanye akbar di Denpasar, Bali, Senin (5/2/2024).
Button AI Summarize

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyebut terdapat dugaan penggelembungan suara milik Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk pengisian calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Provinsi Sumatera Utara. Dugaan penggelembungan terjadi di Daerah Pemilihan Nias Selatan 5 yang terungkap dalam sidang pemeriksaan pendahuluan untuk perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (2/5).

Berlaku sebagai pihak Pemohon adalah PSI dan sebagai pihak termohon adalah Komisi Pemilihan Umum. Kuasa hukum PSI Kamaruddin menjelaskan terdapat perbedaan perolehan suara yang didapatkan PSI dan Partai Gerindra pada Dapil Nias Selatan 5 antara penghitungan partainya dengan KPU.

 "Perolehan suara PSI menurut Termohon adalah 1.616 suara, sedangkan suara Pemohon menurut Pemohon adalah 1.833 suara. Artinya, terjadi pengurangan suara Pemohon sebanyak 217 suara," kata Kamaruddin.

Untuk perolehan suara Partai Gerindra, lanjut Kamaruddin, suara yang ditetapkan KPU sebanyak 1.720 suara. Sedangkan menurut PSI, suara Gerindra sebanyak 1.604 suara. Dengan begitu, terjadi penambahan sebanyak 116 suara.

 Ia mengatakan dugaan penggelembungan suara Partai Gerindra terjadi di Kecamatan Sidua'ori, Nias Selatan. Sedangkan dugaan pelanggaran pengurangan suara PSI terjadi di Kecamatan Toma.

 "Dengan adanya penggelembungan suara Partai Gerindra dan pengurangan suara Pemohon di Kecamatan Sidua'ori dan di Kecamatan Toma, menyebabkan terjadinya perselisihan suara," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...