Rekap Kunjungan Kerja Jokowi di NTB: Resmikan Waduk hingga Jalan

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Mei 2024, 20:17
Presiden RI Joko Widodo (tengah) bersama Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi (kedua kanan) menekan tombol sirine saat meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, NTB, Kamis (2/5/2024). Presiden Jokowi meresmika
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
Presiden RI Joko Widodo (tengah) bersama Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi (kedua kanan) menekan tombol sirine saat meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, NTB, Kamis (2/5/2024). Presiden Jokowi meresmikan pembangunan Inpres Jalan Daerah (IJD) Lembar Sekotong - Pelangan segmen Lembar - Gili Mas (Lombok), Polamata-Jelenga (Sumbawa Barat), Sabedo Dalam - Bukit Planing, Lenangguar - Teladan (Sumabawa), Wilamaci - Karumbu - Sape (Bima) dengan total panjang 40,6
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melangsungkan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTB) selama tiga hari sejak Selasa (30/4) hingga Kamis (2/5). Dalam lawatan dinas kali ini, Jokowi melaksanakan beragam kegiatan seperti peresmian bendungan, infrastrukut jalan daerah hingga kunjungan panen raya.

"Kita harapkan dengan jalan ini kecepatan logistik akan makin baik, jalan-jalan menuju ke kawasan-kawasan produktif, baik itu kawasan pertanian, kawasan perkebunan, semuanya bisa ditunjang oleh jalan yang baik," kata Jokowi dalam siaran pers, Kamis (2/5).

Berikut rekapan kegiatan Jokowi di NTB:

1. Peresmian jalan daerah di Lombok sepanjang 40,6 KM
Jokowi meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di NTB pada Kamis (2/5). Dia menyebut pemerintah telah melakukan pembangunan dan perbaikan lima ruas jalan di NTB pada tahun 2023.

Lima ruas jalan itu tersebar di empat kabupaten yaitu Lombok Barat, Sumbawa Barat, Sumbawa, dan Bima. Jokowi menyebut total panjang jalan yang dibangun dan diperbaiki sepanjang 40,6 kilometer (km) dan menghabiskan anggaran Rp 211 miliar.

Dia berharap peremajaan sejumlah ruas jalan itu dapat meningkatkan kecepatan logistik di sekitar kawasan dan memberikan sejumlah manfaat bagi para pengguna jalan dan warga setempat.

2. Meresmikan Bendungan Tiu Suntuk senilai Rp 1,4 triliun
Jokowi mengatakan, agenda kunjungan kerja hari ini dengan meresmikan Bendungan Tiu Suntuk, di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Pembangunan bendungan berkapasitas 60,8 juta meter kubik itu menghabiskan anggaran Rp 1,4 triliun.

Jokowi menguraikan keberadaan Bendungan Tiu Suntuk bertujuan untuk mendukung saluran irigasi 680 liter per detik. Bendungan yang dibangun di lahan seluas 1.900 hektar itu juga bisa mereduksi bencana banjir di sekitar Sumbawa Barat.

Selain itu, dia menegaskan bahwa air merupakan kunci bagi kehidupan manusia di tengah perubahan iklim yang terjadi saat ini. "Sekali lagi air menjadi sangat penting bagi kehidupan kita, utamanya di NTB. Baik itu untuk pertanian, baik itu juga untuk air baku, air minum kita," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...