Kemenkes Buka Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis RS pada Senin Depan

Amelia Yesidora
3 Mei 2024, 14:43
dokter spesialis, rumah sakit, menkes
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/tom.
Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) memeriksa telinga pasien di RSUD Kalisari, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (2/3/2023).
Button AI Summarize

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan dirinya bakal meluncurkan program pendidikan terbaru untuk dokter spesialis. Bila biasanya dokter spesialis belajar di universitas, nantinya akan ada pendidikan baru berbasis rumah sakit.

 “(Akan diluncurkan) 6 Mei 2024, hari Senin nanti. Stay tuned,” kata Budi dalam unggahan di Instagramnya, Kamis (2/5).

Budi mengatakan putra-putri daerah bakal menjadi prioritas peserta program ini. Nantinya, pemenuhan dokter spesialis di seluruh daerah bakal dilakukan bersama-sama. Hal ini berarti menggabungkan peserta didik dokter spesialis dari universitas maupun rumah sakit.

Budi mengatakan butuh waktu 15 tahun lagi untuk mencapai jumlah dokter spesialis yang Indonesia butuhkan. Perhitungan ini berdasar jumlah 117 fakultas kedokteran yang tersebar di Tanah Air.

Kementerian Kesehatan juga berencana memberdayakan 420 dari total 3.000 rumah sakit di Tanah Air untuk mendidik lebih banyak dokter spesialis. Budi berharap, hal ini bisa mempercepat pemenuhan tenaga dokter spesialis di Indonesia.

Ia juga menyebut masalah distribusi dokter spesialis masih belum bisa terpecahkan hingga hampir 80 tahun Indonesia merdeka. Dalam catatan Konsil Kedokteran Indonesia, 59% dokter spesialis masih terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...