Program Prakerja Raih Penghargaan UNESCO

Image title
Oleh Antara
4 Mei 2024, 21:47
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi Kartu Prakerja.
Kemenko Perekonomian
Ilustrasi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi Kartu Prakerja.
Button AI Summarize

Program Kartu Prakerja yang merupakan program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja, mendapatkan Honourable Mention dalam Wenhui Award 2022 untuk kategori Inovasi Pendidikan.

Wenhui Award merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh UNESCO Asia-Pacific Programme of Educational Innovation for Development (APEID) dengan Komisi Nasional Republik Rakyat Tiongkok untuk UNESCO.

Pada penyelenggaraan Wenhui Award 2022 ini, tema yang diangkat adalah Inovasi Pendidikan untuk Pemulihan Pembelajaran. Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling terpengaruh akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Dalam penilaian UNESCO, Kartu Prakerja dianggap memberikan solusi bagi para pekerja yang dirumahkan dan lulusan-lulusan baru yang belum mendapatkan kesempatan bekerja akibat pandemi. Prakerja dianggap efektif untuk mengatasi learning loss dan human capital loss di masa-masa tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia baru kali pertama ini mengantongi penghargaan Wenhui Award, meskipun baru sebatas mendapatkan penghargaan khusus. Adapun yang berhasil memenangi Wenhui Award 2022 adalah Kamboja dan Pakistan.

Selama periode 2020-2023 penyelenggaraan Prakerja telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 59 triliun. Selama periode tersebut, Kartu Prakerja diberikan kepada 16,4 juta orang dengan insentif sebesar Rp 3,55 juta.

Editor: Dini Pramita
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...