Gibran Targetkan Realisasi Makan Siang Gratis di 100 Hari Kerja

Yuliawati
Oleh Yuliawati
6 Mei 2024, 16:58
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menaiki mobil usai menemui Wapres Ma’ruf Amin di kediaman resmi wapres, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wpa.
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menaiki mobil usai menemui Wapres Ma’ruf Amin di kediaman resmi wapres, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
Button AI Summarize

Pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menargetkan realisasi program makan siang gratis dalam 100 hari pertama kepemimpinan mereka. Program makan siang gratis akan difokuskan pada kawasan 3T, yakni tertinggal, terdepan dan terluar.

"Yang jelas sering kami lontarkan terus makan siang gratis," kata Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Senin (6/5).

Gibran mengatakan secara keseluruhan program percepatan 100 hari pertama kepemimpinan akan segera dipaparkan. "Sebenarnya kemarin ada di visi misi kami itu, termasuk makan siang gratis. Namun, nanti kami fokuskan di beberapa tempat dulu," katanya.

Rencananya, setelah pelantikan Prabowo Subianto akan langsung bekerja. "Kami langsung kerja, kerja, kerja, dan mengeksekusi," kata dia.

Skenario Bappenas: Daerah Terpencil Prioritas untuk Program Makan Siang Gratis 

Berdasarkan dokumen yang diperoleh Katadata, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) membuat skenario wilayah prioritas yang menjadi sasaran program makan siang gratis yang dicanangkan calon presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Bappenas membuat skenario daerah pelosok dengan tingkat kemiskinan dan stunting tinggi menjadi prioritas penerima bantuan makan siang dan susu gratis. 

Kawasan tersebut berada di Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Barat, Papua, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Maluku. Sepuluh provinsi tersebut mencakup 193 kabupaten/kota.

Uraian tersebut tercantum dalam Dokumen bertajuk 'Membangun Fondasi Transformasi 2025: Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan'. Paparan bahan ini dibahas dalam rapat kabinet pada Senin, 26 Februari 2024.

Beberapa kabupaten/kota yang masuk dalam kelompok tersebut diantaranya adalah Kabupaten Aceh Jaya, Kota Sibolga, Kota Palembang, Kabupaten Kepulauan Seribu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Jayapura.

Halaman:
Reporter: Antara, Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...