Jokowi Resmikan Modeling Budidaya Ikan Nila di Karawang Rp 76 Miliar

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Mei 2024, 10:13
Ikan Nila Jokowi
ANTARA FOTO/Henry Purba/agr/nym.
Pekerja menangkap ikan nila di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Modeling Budidaya Ikan Nila Salin di Karawang, Jawa Barat pada Rabu (8/5). Modeling budidaya ikan nila salin milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini dibangun sejak 2023 dengan lahan seluas 80 hektare (ha). 

Saat ini biaya investasi pembangunan fasilitas sarana prasarana modeling nila mencapai Rp 76 miliar. Jokowi berharap pembangunan fasilitas budidaya ikan nila ini dapat menangkap peluang permintaan pasar global yang mencapai US$ 14,4 miliar atau sekira Rp 231,7 triliun pada 2024. 

"Besarnya permintaan ini harus kita manfaatkan, tapi juga jangan langsung membuat yang besar. Saya setuju dibuat model dulu," kata Jokowi saat memberikan sambutan. 

Produktivitas modeling diharapkan bisa mencapai sekitar 7.020 ton per siklus atau senilai Rp 210,6 miliar dengan asumsi harga jual ikan nila salin Rp 30 ribu per kg. Dari asumsi hitungan ekonomi dengan harga pokok produksi Rp 24.500 per kg, modeling akan menghasilkan keuntungan sekitar Rp 38,6 miliar.

Dengan hitung-hitungan tersebut, Jokowi meyakini keberadaan modeling budidaya ikan nila salin ini dapat memicu dampak positif kepada masyarakat sekitar. Salah satunya adalah membuka lapangan pekerjaan tambahan untuk warga sekitar. 

Fasilitas budidaya tersebut sebelumnya merupakan tambak udang yang dibangun oleh Presiden Soeharto sejak 1984 silam dengan nama Proyek Pandu Tambak Inti Rakyat dan berhenti pada 1998. Namun, proyek tambak udang itu tidak berjalan karena terkontaminasi sehingga menjadi aset negara tanpa fungsi selama puluhan tahun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...