Relawan Ajukan Kaesang Ikut Pilwalkot Bekasi, Ini Respons Jokowi

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Mei 2024, 13:32
jokowi, kaesang, bekasi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kanan) saat melakukan pertemuan di kawasan Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa kepastian putra bungsung, Kaesang Pangarep untuk maju ke dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Kota Bekasi tahun ini merupakan ranah Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Tanyakan ke PSI, itu urusan partai," kata Jokowi saat ditemui di Pasar Baru Karangan, Jawa Barat pada Rabu (8/5).

Kaesang, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSI tersebut telah mendapat dukungan dari para relawan untuk maju sebagai calon Wali Kota Bekasi. Jokowi mengaku tak memberikan dorongan kepada Kaesang untuk ikut dalam Pilkada.

"Tanyakan ke partai, ke PSI," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Umum Relawan Nasional Pro Pa-Gi Richard Effendi Siregar mengatakan pengambilan formulir atas nama Kaesang melalui penjaringan calon di PKB. Richard mengatakan hal tersebut didasarkan pada keinginan dan permintaan masyarakat Kota Bekasi.

“Jadi, bukan keinginan orang per orang, tetapi masyarakat Bekasi,” ujar Richard pada Senin (6/5) dikutip dari Antara.

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Kota Bekasi Alit Jamaludin mengatakan jika Kaesang serius maju sebagai calon Wali Kota Bekasi, dia harus mengembalikan formulir itu secara langsung dan tidak diwakilkan.

Adapun Kaesang mengaku masih melihat terlebih dahulu dinamika politik di daerah guna menentukan maju atau tidak dirinya di ajang Pilkada Serentak 2024. Dia saat ini tengah memanfaatkan waktu untuk melakukan konsolidasi dengan partai-partai lain di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Kami kemarin baru merayakan kemenangan Pak Prabowo dan Mas Gibran, ini sekarang waktunya kami untuk konsolidasi,” kata Kaesang dalam siaran pers pada Jumat (26/4).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...