Gerindra DKI Usul Riza Patria hingga Keponakan Prabowo Maju Pilgub

Ade Rosman
9 Mei 2024, 14:33
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, pilgub dki, calon gubernur DKI Jakarta, DKI Jakarta, pemilihan gubernur
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut namanya masuk dalam empat bakal calon gubernur DKI Jakarta yang diusulkan DPD Partai Gerindra DKI Jakarta.
Button AI Summarize

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan 4 nama yang diusulkan untuk menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada serentak 2024. Nama-nama itu diungkapkan Riza dalam acara halal bihalal DPD Gerindra DKI di Tavia Heritage Hotel, Jakarta, Kamis (9/5).

"Kami kemarin Rapat dengan Pak Dasco (Sufmi Dasco Ahmad), Pak Muzani (Ahmad Muzani), dan lain-lain, diminta nama (cagub), saya bilang kita enggak usah ngusulin nama, ikut saja, tapi tetap harus usul nama," kata Riza.

Riza mengungkapkan DPD Gerindra DKI mengusulkan 4 nama yakni dua keponakan Prabowo Subianto,  Budisatrio Djiwandono dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rany Mauliani, dan mantan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Budisatrio saat ini juga menjabat sebagai wakil ketua umum Gerindra, sedangkan Rahayu pernah menjabat sebagai anggota DPR dari Partai Gerindra pada 2014-2019.

"Gerindra banyak kader-kader, bukan cuma 4 yang saya sampaikan banyak kader-kader yang siap untuk menjadi Gubernur maupun Wakil Gubernur dan kita siap memenangkannya," kata Riza.

Pada kesempatan yang sama, Dasco mengatakan, terdapat dua opsi Partai Gerindra dalam bursa calon di Pilkada DKI Jakarta. Ia menegaskan Prabowo telah mengantongi nama kandidat yang akan diusung.

"Ada dua opsi dua opsi itu salah satunya itu pasti ada kader Gerindra baik menjadi gubernur atau wakil gubernur dan itu akan dibawa ke dalam rapat koalisi," kata dia.

Opsi lainnya, kata Dasco, calon berasal dari partai koalisi yang kemungkinan akan tetap terjalin dengan Koalisi Indonesia Maju sebagai mana gelaran Pilpres 2024. 

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...