Jokowi Resmikan 22 Proyek Jalan Senilai Rp 631 M di Sulawesi Tenggara

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Mei 2024, 17:53
Jokowi
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
Presiden RI Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri) dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) menyampaikan pidato sambutannya saat meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, NTB, Kamis (2/5/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Daerah di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara pada Senin (13/5). Peresmian jalan yang dibangun berdasar Instruksi Presiden (Inpres) itu merupakan upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menurut Jokowi, pemerintah telah membangun dan memperbaiki 22 ruas jalan dengan biaya Rp 631 miliar pada tahun lalu. Proyek tersebut mencakup dua ruas jalan di Kabupaten Muna Barat yang menghabiskan biaya Rp 42,4 miliar

Presiden mengatakan pembangunan dan perbaikan infrastruktur ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mempercepat mobilitas orang maupun logistik. Jokowi juga mengatakan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Kabupaten Muna Barat dan di seluruh Sulawesi Tenggara pada sore hari ini saya nyatakan selesai untuk tahun 2023," kata Jokowi seperti dikutip Senin (13/5).

Lebih jauh, Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur jalan bertujuan untuk memastikan efisiensi transportasi dan distribusi logistik. Perbaikan itu diyakini akan mempengaruhi perekonomian lokal secara signifikan. 

"Kita harapkan semua jalan akan baik sehingga mobilitas orang, mobilitas logistik, semuanya menjadi bagus dan efisien," ujar Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi mengakui masih ada beberapa ruas jalan yang masih belum baik. Pemerintah menurut dia telah menyiapkan anggaran pembangunan dan perbaikan jalan sebesar Rp 15 triliun tahun ini. Nominal itu lebih tinggi dari pendanaan tahun lalu sejumlah Rp 14,6 triliun.

Pelaksanaan pembangunan jalan daerah mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Pada tahun anggaran 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di seluruh Indonesia.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara peresmian tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dan Plt. Bupati Muna Barat La Ode Butolo.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...