Golkar Belum Terima Formulir Kaesang sebagai Calon Wali Kota Bekasi

Ade Rosman
14 Mei 2024, 15:52
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di kawasan Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/1/2024).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di kawasan Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/1/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep dikabarkan menjadi calon Wali Kota Bekasi. Namun, hingga kini Golkar belum menerima formulir permohonan sebagai calon Wali Kota Bekasi. 

"Sejauh yang saya sebagai ketua Golkar Jabar, hingga saat ini kami masih belum menerima permohonan Mas Kaesang menjadi Calon Wali Kota di bekasi," kata Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5).

Ace selaku Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat menggambarkan saat ini proses di internal partai beringin untuk kandidat cawalkot masih dalam tahap mencermati dan penjaringan.

"Kami sejauh ini masih dalam proses melakukan penjaringan dengan melihat potensi nama-nama yang dilakukan survei," katanya.

Tak hanya itu, Ace menyebut Partai Golkar juga telah melakukan uji publik lewat survei mengenai bursa calon kepala daerah. "Jadi sejauh ini masih dalam proses," katanya.

Kaesang, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSI tersebut telah mendapat dukungan dari para relawan untuk maju sebagai calon Wali Kota Bekasi.

Sebelumnya, Ketua Umum Relawan Nasional Pro Pa-Gi Richard Effendi Siregar mengatakan pengambilan formulir atas nama Kaesang melalui penjaringan calon di PKB. Richard mengatakan hal tersebut didasarkan pada keinginan dan permintaan masyarakat Kota Bekasi.

“Jadi, bukan keinginan orang per orang, tetapi masyarakat Bekasi,” ujar Richard pada Senin (6/5) dikutip dari Antara.

Sekretaris DPC PKB Kota Bekasi Alit Jamaludin mengatakan jika Kaesang serius maju sebagai calon Wali Kota Bekasi. Dia harus mengembalikan formulir itu secara langsung dan tidak diwakilkan.

Kaesang mengaku masih melihat terlebih dahulu dinamika politik di daerah guna menentukan maju atau tidak dirinya di ajang Pilkada Serentak 2024. Dia saat ini tengah memanfaatkan waktu untuk melakukan konsolidasi dengan partai-partai lain di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Kami kemarin baru merayakan kemenangan Pak Prabowo dan Mas Gibran, ini sekarang waktunya kami untuk konsolidasi,” kata Kaesang dalam siaran pers pada Jumat (26/4).

Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...